KOBA, BERITABANGKA.COM – Setelah mendapatkan sebanyak 200 vaksin untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku pada sapi. Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah gerak cepat suntik ternak sapi dan kambing milik warga.

Hal itu dilakukan guna memastikan seluruh ternak sapi dan kambing milik warga tidak terinfeksi penyakit kulit dan mulut, yang saat ini banyak di alami oleh para peternak sapi dan kambing di Kabupaten Bangka Tengah.

“Hari ini kita melaksanakan penyuntikan vaksin terhadap sapi dan kambing milik peternak sapi yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, setelah mendapatkan stok vaksin sebanyak 200 dosis pada tahap pertama ini,” ungkap Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman pada rabu (29/07/2022) saat menyaksikan langsung penyuntikan vaksin di Kelompok Tani, Desa Nibung.

Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Pertaniannya saat ini terus berupaya menekan agar penyakit mulut dan kuku pada sapi dan kambing di Kabupaten Bangka Tengah dapat di minimalisir.

“Kita saat ini melalui Dinas Pertanian, terus berupaya menekan angka sapi dan kambing yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku, dimana salah satunya adalah menyuntikan vaksin kepada seluruh sapi dan kambing yang ada di Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Algafry Rahman juga menghimbau kepada Dinas Pertanian agar tetap memeriksa kondisi sapi dan kambing yang masuk ke Bangka Tengah, mengingat banyak sapi dan kambing yang masuk Bangka Tengah menjelang lebaran Idul Adha. Dimana kasus masuknya penyakit mulut dan kuku di Bangka Tengah masuk dari luar daerah.

“Saya juga memerintahkan Dinas Pertanian untuk tetap mengecek seluruh Kondisi sapi dan kambing yang masuk bangka tengah menjelang lebaran Idul Adha agar tidak ada sapi dan kambing yang terkontaminasi penyakit mulut dan kuku,” tutup Algafry Rahman. (Doni)