TOBOALI, BERITABANGKA.COM – Menindak lanjuti prihal PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak sapi. Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid pantau langsung peternakan hewan sapi warga Jalan damai milik Yanto.

“Alhamdulillah setelah saya datangi, kandang ini perawatannya, kebersihannya, vitamin untuk ternak, makanannya sekitar hampir 60 sapi itu aman semua,” ujar Bupati sembari menjelaskan sirkulasi dan sanitasi kandang wajib higenis agar hewan ternak terhindar dari penyakit mulut dan kuku.

Tak hanya itu, Bupati Riza Herdavid berharap untuk membantu perputaran perekonomian agar para masyarakat yang akan berkurban untuk selalu membantu peternak lokal, menurutnya hingga saat ini belum ada indikasi penularan penyakit mulut dan kuku hewan ternak menjangkit manusia.

“Yang berkurban sapi setidaknya membantu peternak lokal. Dengan begitu setidaknya sudah membantu perputaran perekonomian. Dan saya ketahui sejauh ini PMK belum terindikasi merugikan kesehatan manusia namun setidaknya antisipasi diperlukan,” imbuhnya.