TOBOALI, BERITABANGKA.COM – Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah, Polres Bangka Selatan melakukan penyembelihan hewan qurban. Sebanyak 23 ekor hewan qurban yang disembelih, 8 ekor sapi dan 15 ekor kambing.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan di halaman Masjid Raudathul Jannah Polres Bangka Selatan, pada Ahad (09/07) Pagi.

Saat prosesi penyembelihan hewan qurban, dihadiri langsung Kapolres Bangka Selatan, AKBP Joko Isnawan, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Basel, Ny. Maya Joko dan Waka Polres Basel, Kompol Ricky Dwiraya Putra, SIK serta para Pejabat Utama Polres Bangka Selatan.

IMG 20220710 WA0040

Kapolres mengatakan, di Idul Adha 10 Zulhijah 1443 Hijriyah, Polres Bangka Selatan sembelih 23 ekor hewan Kurban yang disumbangkan dari Para PJU, Personil Polres maupun para Pengusaha yang ada di Kapupaten Bangka Selatan. Selain itu pada tahun ini Polres Basel juga mendapan Sumbangan 2 ekor kambing dari Ketua Bhayangkari Daerah Bangka Belitung, Ny. Peggy Yan Sultra, S.P., S.Pd.

IMG 20220710 WA0039

“23 hewan qurban yang disembelih sumbangan dari Para PJU, Personil Polres maupun para Pengusaha yang ada di Kapupaten Bangka Selatan serta pada tahun ini Polres Basel juga mendapan sumbangan 2 ekor kambing dari Ketua Bhayangkari Daerah Bangka Belitung, Ny. Peggy Yan Sultra, S.P., S.Pd,” katanya.

Sementara itu hasil qurban langsung diberikan kepada para penerima yang telah ditentukan mulai dari personil Polres Basel, Purnawirawan Polri hingga masyarakat.

β€œhasil Qurban sendiri segera dipacking dan disalurkan ke penerima. Setiap bungkusnya berisi 1 kg daging yang dibagikan ke Personel Polres Bangka Selatan, Purnawirawan Polri, kaum dhuafa juga masyarakat sekitar termasuk masyarakat kurang mampu,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Kapolres juga menegaskan bahwa prosesi penyembelihan hewan qurban sesuai dengan adab-adab islam dan hasil qurban juga telah dinyatakan layak konsumsi bebas dari wabah PMK.

β€œuntuk diketahui bersama bahwa dalam prosesi penyembelihan hewan qurban kita sesuai dengan adab-adab ajaran agama islam dan hasil penyembelihan hewan qurban juga telah dinyatakan layak konsumsi bebas dari wabah Penyakit Mulut dan kuku yang telah diuji periksa post mortem dari pihak Bidang Peternakan Dinas Pertanian Pangan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan yang yang langsung dating saat penyembelihan,” tegas AKBP Joko Isnawan.

Lanjutnya ia menambahkan berqurban merupakan salah satu momen penting Idul Adha menurutnya saling berbagi ke sesama dalam mewujudkan kepedulian Keluarga besar Polres Bangka Selatan bagi warga yang kurang mampu serta menjadi amal ibadah bagi personil yang berqurban.

“Semoga kita dapat memaknai Hari Raya idul Adha tahun ini, dengan berqurban menanamkan nilai nilai Keikhlasan dalam Mengabdi sebagai Insan Bhayangkara yang bertaqwa kepada Allah,” pungkas Kapolres AKBP Joko Isnawan.