TOBOALI, BERITA BANGKA – Prestasi bidang olahraga Wushu dinampakan Jastine Eriko (20 Tahun) Atlet Wushu asal Camp Guangxi Sanda Wu Bangka Selatan warga Air Lingga Kecamatan Toboali, yang berhasil sabet Juara 1 (emas) Senior kelas 60 Kilogram pada Jakarta Open Wushu Championships 2022, Sabtu (27/8/2022).

“Pada final Jastine Erico berhadapan dengan Frenaldi Panca Wijaya. Pada babak pertama Frenaldi menang telak. Namun masuk babak kedua justru Jastine menang 2-1,” ujar Pelatih Camp Guangxi Sanda Wu, Bangka Selatan, Guntar Sibarani kepada Berita Bangka, pada Sabtu (27/8/2022) malam.

Guntar Sibarani menjelaskan Jastine Eriko mulai berlatih dari kelas 2 SMP di Camp Guangxi Sanda Wu Martial Art Wushu Indonesia yang diketuai Ande Fahmi.

“Jastine berlatih sejak kelas 2 SMP, sebelumnya di camp Guangxi Sanda Wu Martial Art Wushu ,” katanya.

Namun mirisnya perjuangan Jastine Eriko dan Buntar Sibarani untuk mengikuti kejuaraan ini, hanya berbekal uang pribadi dan sumbangan alakadarnya, alhasil mampu mempersembahkan gelar juara kepada Bangka Selatan hingga tingkat Nasional.

β€œSusah diceritakan kalau masalah itu. Cukup kita saja yang tahu. Terima kasih kepada orang tua atlet yang selalu mendukung prestasi anaknya, dan beberapa orang donatur yang telah membantu, walaupun untuk beli tiket, pergi pulang saja enggak cukup,” ungkap Guntar Sibarani.