BANGKA SELATAN, BERITA BANGKA.COM – Pemerintah Daerah Bangka Selatan lakukan pemekaran pembentukan tiga OPD (organisasi perangkat daerah) baru, Senin (26/9/22). Pembahasan pembentukan OPD digelar diruang Rapat Setda Pemkab Bangka Selatan (Basel) yang berlangsung alotΒ  dari siang hingga sore hari.

Rapat pemekaran pembentukan OPD baru, dipimpin langsung Sekda Basel Eddy Supriyadi yang diikuti kepala opd-opd lainnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basel, Suprayitno menjelaskan, hal itu masih jadi tahapan evaluasi Pemerintah Daerah kedepannya, dengan penambahan opd baru bertujuan untuk meningkatkan dan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Hal itu (pemekaran OPD) masih dalam tahap evaluasi dan kaji ulang dan itu merupakan atensi dari aturan pusat, dengan tujuan meningkatkan PAD,” katanya kepada wartawan, (26/9).

Suprayitno menyebutkan tiga OPD yang digadang-gadang akan dilakukan dalam rencana pembentukan adalah Dinas Perikanan yang sebelumnya tergabung dengan Dinas Pertanian, BPBD, dan BRid.

“Tiga OPD yang bakal dibentuk adalah Dinas Perikanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Riset Inovasi Daerah,” ujarnya.

Kendati demikian, ketika disinggung apakah wajib melakukan pembentukan OPD baru. Suprayitno mengatakan, tujuan dari pembentukan OPD baru sudah melalui tahapan dari pihak eksekutif dan legislatif yang dirumuskan sehingga muncul usulan tersebut sebelum dimejakan pada Badan Pembentukan Peraturan Daerah.

“Daerah lain juga sudah menjalankan pemekaran yang sama, dan sama halnya dengan pemisahan Badan Pengeluaran Pajak dan Retribusi Daerah, dan usulan ini untuk peningkatan PAD tentunya ,” tukas Suprayitno.