Bawaslu Bangka Tengah Resmi Lantik 18 Orang Panwascam

banner 468x60

KOBA, BERITA BANGKA.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) secara resmi melantik Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan terpilih pada Kamis (27/10/2022) di Soll Marina Hotel and Conference Center Bangka Tengah.

Adapun jumlah Anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik sebanyak 18 orang yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Bateng.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Anggota Panwaslu Kecamatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto yang berlangsung secara khidmat. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung EM Osykar, Asisten III Setda Bateng Elly Irsyah, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bateng, Kasat Intelkam Polres Bateng, Kasi Pidum Kejari Bateng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bateng, para Kapolsek se-Kabupaten Bateng, Ketua KNPI Kabupaten Bateng, dan para pimpinan organisasi kepemudaan di Kabupaten Bateng.

“Saya atas nama Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang telah dilantik pada pagi hari ini sebagai anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto saat mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Robianto mengingatkan pentingnya bagi Panwaslu Kecamatan untuk menjaga marwah lembaga dan memiliki kinerja yang baik sebagai Pengawas Pemilu yang didukung dengan 3 hal penting yang harus dimiliki, yakni integritas, soliditas dan profesionalitas. “Perlu saya ingatkan kembali bahwa sumpah/janji yang telah bapak ibu ucapkan ini mengandung makna yang sangat luas baik kepada diri sendiri, orang lain maupun Allah SWT. Untuk itu, laksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan ini dengan kinerja yang baik,” ingatnya.

Robianto juga menyampaikan Panwaslu Kecamatan terpilih adalah orang pilihan dan merupakan putra putri terbaik Kabupaten Bangka Tengah di setiap kecamatan dengan proses yang melalui kompetisi sehat, terbuka dam akuntabel. “Saya berpesan kepada sahabat-sahabat semua untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga sahabat-sahabat semua dapat menjalankan tugas sebaik mungkin,” imbuhnya.

“Jagalah nama baik keluaga besar pengawas dengan selalu tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan. Tak perlu merasa tersanjung jika dipuji dan tak perlu merasa terhina ketika ada cacian, karena keteguhan hati dan sikap kita yang akan membuat kita menjadi Pengawas Pemilu yang tangguh,” tambah Robianto.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung EM Osykar menyampaikan saat ini berlangsungnya tahapan Pemilu dan Panwaslu Kecamatan akan terlibat mengawal proses demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2024. “Saya ucapakan selamat kapada teman-teman terpilih. Dalam ucapan selamat ini juga tersirat bahwa ada tanggungjawab yang harus teman-teman emban dalam menjalankan tugas mengawasi,”pungkasnya.

Osykar juga menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Bateng atas kerjasama dan kerja keras dalam melakukan seleksi dengan tidak ada kepentingan politik di dalamnya. “Kami yakin bapak/ibu komisoner yang terpilih ini adalah kader-kader terbaik untuk mengawasi jalannya demorkasi kelak dan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah terimakasih atasan dukungan dan supportnya,” ujarnya.

“Selalu upgrade skill, kecakapan dan pola komunikasi teman-teman karena hal-hal itulah yang akan membantu kinerja teman-teman di lapangan dan selalu berkoordinasi pada tingkat diatasnya sesuai jenjang, serta mari kita kawal jalannya demokrasi agar terpilihnya wakil rakyat yang dapat memajukan daerah ini,” harap Osykar saat menutup sambutan. (Doni)

banner 468x60