Desa Rias dijadikan Kampung Pancasila

banner 468x60

TOBOALI, BERITA BANGKA.COM – Kades Desa Rias Muslim Spd, melalui Kaur Desa Rias, Toboali, Bangka Selatan Imam Saifudin menjelaskan, penetapan Kampung Pancasila di Desa Rias diinisiasi oleh TNI Angkatan Darat untuk antisipasi perpecahan diantara warga, lantaran diketahui pada desa ini terdapat beragam suku yang sudah lama menetap sejak terbentuknya transmigrasi penduduk se Indonesia.

Kampung Pancasila adalah merupakan julukan untuk desa yang di jadikan sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila dan sebagai contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Ini merupakan kegiatan antisipasi untuk meminimalisir pecah belah keberagaman yang ada di desa desa di Bangka Selatan terkhusus di desa rias,” ujarnya kepada Berita Bangka.com di Balai Desa Rias, Jumat (4/11/22).

 

“Arti pemahaman Kampung Pancasila pada dasarnya untuk mempererat bahwa bangsa Indonesia itu adalah ideologinya demokrasi,” katanya.

Imam menyebutkan, tertujunya Kampung Pancasila di Desa Rias “Karena disini multikultur, agama, suku, dan ras, tergabung jadi satu sejak dulu hidup berdampingan,” tuturnya.

“Jadi kalau orang luar ingin memecah belah keberagaman didesa ini antaranya agama suku kultur akan sangat mudah apabila tidak diberi pemahaman,” urainya.

Oleh karena itu, dengan suasana kondusif atas keberagaman suku, agama, yang ada. Desa Rias kedepannya jadi desa percontohan atas terbentuknya Kampung Pancasila.

“Dengan terbentuknya Kampung Pancasila Desa Rias, mungkin jadi desa percontohan di Kabupaten Bangka Selatan, karena suasana adem ayem, tenang, tanpa gejolak, tanpa konflik,” tutup Imam.

Pos terkait

banner 468x60