Sahirin Bawaslu: Bahaya Politik Uang Dan Informasi Palsu

banner 468x60

TOBOALI – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Belitung, Sahirin mengajak masyarakat Bangka Belitung berpikiran lebih cerdas agar tidak terlena dengan politik uang dan informasi palsu yang kerap kali beredar dihalaman wall media sosial.

“Peran serta media meanstream sangat diperlukan saat ini karena tahun politik. Yang tak lama lagi, bakal banyak di media sosial, hujatan dan informasi palsu, atau hoax beredar,” kata Sahirin kepada Berita Bangka.com, (5/11) kemarin.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Selain itu, menurut pria berkacamata itu bahaya politik uang (money politic, red) menggerus pemikiran masyarakat awam saat ini.

“Menegaskan bahwa politik uang sangat merusak marwah kedaulatan, contohnya dengan 200 ribu dapat membeli satu suara. Jadi mau dibawa kemana demokrasi negara kita,” ucapnya

Ia menegaskan apabila masyarakat menemukan indikasi permasalahan kecurangan yang dianggap mempengaruhi Pemilu segera kan laporkan ke Bawaslu untuk ditindak lanjuti berdasarkan Pasal dan perundang-undangan yang berlaku.

“Hal yang sama kami juga meminta kepada kawan-kawan ikut serta dalam melakukan penindakan minimal dalam mencegah, bisa mencegah kalau tidak bisa melaporkan, minimal mereka mencegah,” katanya.

Sanksi yang diberikan, berlaku kepada peserta pemilu yang sengaja melakukan kecurangan kecurangan.

“Terkait perilaku-perilaku peserta pemilu yang bertolak belakang dengan prinsip, semua berlaku kepada semua WNI yang telah memenuhi syarat,” ujarnya.

Pos terkait

banner 468x60