BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan saat ini terus mematangkan kesiapan program berobat gratis dengan KTP. Belum lama ini telah di gelar rapat koordinasi untuk membahas persiapan program tersebut.

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, dr Agus Pranawa mengatakan, persiapan program berobat gratis masyarakat tersebut sudah 66 persen.

“Jadi untuk persiapan berobat gratis cukup pakai KTP ini sudah sekitar 66 persen. Saat ini kami menunggu data yang dikasih dari BPJS, tinggal input sekitar 85 ribu, dan targetnya selesai akhir bulan ini sampai kami mempersiapkan Perbup, MoU dan lain-lainya,” kata Agus, Rabu (9/11/22).

Ia mengatakan, setelah dilakukan MoU dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, langkah selanjutnya adalah memastikan kesiapan instansi terkait. Karena itu, akan dilakukan kembali rakor bersama agar tidak ada kendala saat pelaksanaan program Universal Health Coverage.

“Yang sudah masuk BPJS sekitar 135 rbu dan kalau data per hari ini 54 ribu yang di berikan BPJS kepada kita. In sha Allah, awal Desember 2022 ini sudah mulai jalan UHC dan akhir bulan Desember, kita rencana lauching. Dan kita juga akan menyosialisasikan program UHC ini kepada masyarakat,” pungkas Agus.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi menunaikan janji kampanye mereka dalam program kesehatan. Dimana mulai bulan Desember 2022, Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Kesehatan akan melaksanakan berobat gratis dengan e KTP.

Menurut Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, kabar gembira bagi masyarakat Bangka Selatan yang ingin mendapat pelayanan kesehatan prima di RSUD maupun Puskesmas se-Kabupaten Bangka Selatan, hal ini merupakan perwujudan dari program unggulan janji politiknya dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ya, bulan depan kita lauching. Yang terpenting layanan yang diberikan oleh tenaga medis harus bersahabat dengan masyarakat dengan sikap ramah, sopan, murah senyum dan sikap melayani,” katanya, Selasa (8/11/22).

Riza panggilan akrab Bupati Bangka Selatan meminta kepada dinas terkait, seperti Disdukcapil kabupaten setempat, agar tidak ada lagi kendala bagi masyarakat yang ingin berobat di RSUD, maupun diseluruh UPT Puskesmas se-kabupaten Bangka Selatan dengan menggunakan e KTP.

“Dan Dinas Kesehatan beserta jajaran yang lainnya juga saya minta untuk melakukan persiapan lauching. Dan sekali lagi saya ingatkan walaupun gratis, semua proses pelayanan harus prima, harus bermutu dan berkualitas,” tukasnya.