Bawaslu Basel Beri Pemahaman Panwascam : Agar Berlaku Profesional

banner 468x60

TOBOALI, BERITA BANGKA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) fasilitasi sentra Gakkumdu (penegakan hukum terpadu) dengan penguatan sentra dalam persiapan penanganan pelanggaran pidana pemilu kepada Panwascam yang baru dilantik beberapa pekan yang lalu, Jumat (11/11/22).

Kegiatan yang di inisiasi Bawaslu Bangka Selatan turut dihadiri Perwira Polres Bangka Selatan, Kabag OPS Kompol Hary Kartono, dan Kasat Reskrim AKP Chandra Satria Adi Pradana.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Ketua Bawaslu Basel, Azhari menyebutkan persiapan dilakukan agar Panwascam yang tersebar di wilayah masing masing Kabupaten Bangka Selatan. Memiliki pemahaman tugas pokok dan fungsi dalam penindakan serta penyimpangan yang dilakukan peserta Pemilu pada tahun 2024 nanti.

“Persiapan ini diberikan kepada Panwascam yang baru dilantik agar, mereka mereka tidak terlalu banyak lagi bertanya bagaimana penanganan terhadap kecurangan kecurangan yang dilakukan oleh kepesertaan Pemilu, kepada Bawaslu,” ujarnya kepada wartawan pada kegiatan yang bertempat di salah satu hotel di Toboali, Bangka Selatan, (11/11).

Selain itu, Azhari meminta Panwascam dalam melakukan tugasnya berlaku profesional dan independen, serta be sinergitas terhadap seluruh pihak agar suasana Pemilu 2024 berjalan sesuai harapan.

“Semoga sesuai harapan pada Pemilu nanti, petugas pengawas berlaku profesional dan selalu independen terjaga. Sinergi ke seluruh pihak tetap terjaga guna menyukseskan Pemilu 2024 nanti ,” sebutnya.

Dengan penekanan tambahnya, dalam tahapan Pemilu. Bawaslu juga sudah mempersiapkan Panwascam trik khusus dalam pengawasan penindakan.

“Tahapan krusialnya pada tahapan kampanye itu yang paling rawan. Nah mumpung jauh-jauh hari kita membekali semaksimal mungkin kepada Panwascam ketika ada laporan, ketika ada temuan, atau pun ada dugaan indikasi kecurangan,” tuturnya.

Azhari berharap kepada masyarakat Bangka Selatan untuk membantu dan bersinergi dalam mengawasi Pemilu 2024 nanti agar berlaku demokratis, apabila mendapati bukti kuat serta saksi dalam kecurangan yang dilakukan kepesertaan Pemilu dapat melaporkan langsung ke Panwascam terdekat dan Bawaslu terdekat.

Pos terkait

banner 468x60