Pemahaman “Banyak Bacot” dan Arti Lainnya

banner 468x60

OPINI – Dalam pembicaraan sehari-hari, banyak sekali istilah yang seolah terlontar begitu saja. Jika dirasa pas dan cocok untuk mewakili konteks tertentu, istilah tersebut bisa jadi akan digunakan terus menerus. Sama halnya dengan kata bacot. Bahkan, arti bacot sendiri sudah ada dalam beberapa versi.

Hal tersebut wajar terjadi. Pemaknaan bahasa gaul bisa dilakukan dengan begitu fleksibel. Bisa jadi, di lingkaran kalian arti bacot adalah “banyak cocot”, tapi ternyata punya makna berbeda di lingkaran pertemanan lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Jika kalian tertarik dengan arti bacot sebagai bahasa gaul, silakan simak penjelasan yang berhasil dihimpun Berita Bangka.com dari berbagai sumber berikut ini. Tak hanya berisi pengertian, ada pula penjelasan mengenai ciri-ciri hingga arti singkatan yang populer lainnya.

1. Arti Bacot Sebagai Bahasa Gaul

Arti bacot sering tak dipahami, bahkan oleh penuturnya sendiri. Pasalnya, kata ini sudah dianggap sebagai kosakata yang mengalami perkembangan di media sosial. Beberapa orang menyebutnya bahasa gaul, bahasa yang lazim dipakai saat nongkrong bersama teman-teman dekat.

Tak hanya itu, istilah bacot juga memiliki makna yang dekat dengan umpatan. Kalian bisa menggunakannya sebagai bentakan untuk menyadarkan orang yang terlalu banyak bicara.

Jika kalian penasaran mengenai arti bacot, silakan periksa di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pada kamus tersebut, arti bacot adalah “mulut”. Melalui pengertian tersebut, terasa wajar jika orang yang cerewet dan suka bicara yang tidak penting, sering diteriaki dengan “banyak bacot“.

Ya, ternyata “bacot” bukan hanya bahasa slang atau ragam bahasa yang tidak resmi. Pada pembicaraan melalui media sosial, pengertian mengenai bacot pun lebih beragam. Ada yang memaknainya sebagai singkatan dari “banyak cocot” (cocot adalah mulut dalam bahasa Jawa kasar).

Tak hanya itu, sempat ada pula orang yang mengatakan jika arti bacot adalah “Bad Attitude Control of Tongue”. Sekilas, intinya tetap sama kan, Sama-sama fokus pada keburukan mulut dalam berbicara.

2. Ciri-Ciri Orang Bacot 

Selain memahami arti bacot, kalian juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Hal ini akan berguna bagi kalian untuk mengenali dan menjauhi orang bacot di sekitar.

Tak hanya itu, ciri-ciri ini bisa menjadi bahan perenungan agar kalian tak sampai terjerumus pada kenyamanan menjadi orang bacot. Nah, agar lebih jelas, kalian bisa menyimak sejumlah penjelasan berikut ini.

1. Suka memberikan kritik pada hal-hal yang tak patut dikomentari. 

2. Berbagai hal di hadapannya menjadi sesuatu yang mengganggu, sekalipun itu sebenarnya merupakan hal lazim. 

3. Berusaha untuk menarik perhatian agar dipandang dari keaktifan dalam berbicara. 

4. Sering menjadi orang pertama yang memulai gosip.

5. Sering ikut campur urusan orang lain, entah itu kepo atau justru sok tahu. 

6. Sering membagikan sesuatu yang sebenarnya tak penting-penting amat. Justru malah jadi mengganggu orang di sekitar. 

7. Senang memberi nasihat karena merasa punya kewajiban untuk menentukan jalan hidup orang lain. 

8. Merendahkan pendapat orang lain. 

9. Gemar menghakimi atas pilihan hidup yang diambil oleh orang lain. 

10. Menjadi orang paling berisik.  

 

3. Arti Singkatan Populer Lainnya

Tak hanya arti bacot, masih ada istilah gaul lain yang bertebaran di media sosial dan perlu juga kalian pahami.

LOL: singkatan ini yang mungkin paling sering kalian dengar. Singkatan LOL diambil dari kosakata Bahasa Inggris yakni “Laugh Out Loud” yang memiliki arti Tertawa terbahak-bahak dalam Bahasa Indonesia.

YOLO: singkatan dari “you only live once” Ada banyak slogan atau kaos yang bertuliskan singkatan ini. Arti dari singkatan ini adalah kamu hanya hidup sekali saja. Singkatan ini biasa digunakan untuk menunjukkan semangat untuk berubah. Karena hidup hanya sekali, jadi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

OOTD: singkatan dari “Outfit of The Day”. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh dan menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

OOT: singkatan dari “Out of Topic”. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.

TMI: singkatan dari “too much information”. Kalian bisa menggunakan istilah ini saat memberikan informasi tambahan atau mungkin tidak terlalu penting, cobalah gunakan akronim ini sebelum menjelaskan informasi tersebut. TMI atau too much information artinya terlalu banyak informasi yang juga bisa dijabarkan sebagai informasi tambahan.

Mager: mager sendiri berasal dari kalimat “Malas Gerak”. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

Pansos: singkatan dari “panjat sosial”. Sesuai namanya, Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.

Komuk: kata singkatan gaul ini merujuk pada “Kondisi Muka”.

Itulah garis besar penjelasan mengenai arti bacot, beserta ciri-ciri dan arti dari istilah gaul lain yang perlu kalian ketahui. Memahami informasi ini akan membuat kalian lebih bisa menjalin komunikasi dengan bahasa gaul media sosial.

banner 468x60