Anda Pintar atau Bodoh? Yuk Simak ciri-cirinya

banner 468x60

LIFESTYLE – Beberapa orang terkadang merasa dirinya sudah sangat pintar. Tapi, mereka tidak pernah sadar atau mungkin tidak mau mengakui bahwa dirinya bodoh atau tidak secerdas orang lain.

Tingkat kecerdasan setiap orang memang berbeda-beda. Kebanyakan orang mengukur kecerdasan dari tingginya skor IQ.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Tapi, sebenarnya ada beberapa kebiasaan untuk menilai tingkat kecerdasan seseorang. Beberapa hal ini umumnya dilakukan oleh mereka yang kurang cerdas.

1. Kritis yang suka menghakimi

Mengutip Herway, orang pintar tidak menghakimi orang lain. Sebaliknya, orang bodoh selalu mengkritik. Mereka juga senang berpura-pura atau merasa lebih pintar.

2. Kosakata yang buruk

Tingkat kecerdasan yang rendah bisa terlihat dari cara seseorang memilih kata-kata. Beberapa orang mungkin menggunakan kosakata sederhana ketika berbicara dengan orang tertentu.

Tetapi, jika mereka benar-benar memiliki kosa kata yang tidak memadai dan kesulitan memahami orang lain, itu adalah tanda yang jelas dari tingkat kecerdasan yang rendah.

sumber foto net.

3. Bukan pendengar yang baik

Orang dengan tingkat kecerdasan rendah juga memiliki ketidakmampuan untuk mendengarkan orang lain secara mendalam. Bukannya mereka tidak mau. Hanya saja pikiran mereka kelebihan beban dengan sangat cepat, dan pikiran mereka mengembara ke tempat lain.

4. Bicara seenaknya

Mereka yang kurang cerdas jarang berpikir sebelum bicara. Mereka selalu mengatakan hal pertama yang terlintas dalam pikiran tanpa memikirkannya sama sekali. Mereka menyakiti orang di sekitar tanpa menyadarinya.

5. Mudah dipengaruhi oleh orang lain

Faktanya adalah orang dengan IQ rendah tidak memiliki kepribadian sendiri yang ajek. Itu sebabnya mereka sangat mudah dipengaruhi.

Mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengenali manipulasi. Mereka sangat mudah dibohongi.

6. Selalu merasa benar

Orang yang kurang cerdas dan memiliki emosional rendah selalu merasa dirinya benar. Mereka umumnya enggan mendengarkan pendapat orang lain.

Mengutip Very Well Mind, mereka akan tetap merasa benar meskipun Anda memberikan bukti bahwa mereka salah.

7. Suka menyalahkan orang lain

Ketika terjadi masalah, reaksi pertama mereka adalah menemukan seseorang atau sesuatu yang lain untuk disalahkan.

Atau, biasanya juga mereka beralasan bahwa mereka tak punya pilihan lain. Mereka akan menganggap orang lain tak memahami mereka.

banner 468x60