Sekda Edy Supriyadi Harap Pemdes se-Basel Lebih Akurat Atas Aset Desa

banner 468x60

YOGYAKARTA – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel), Edy Supriadi melalui kegiatan Bimtek pada penerapan aplikasi SIPADES 2.0 mengharapkan, Pemdes (pemerintah desa) se- Basel agar dapat melakukan input data secara optimal dan akurat terhadap aset-aset desa yang ada.

Dengan tujuan agar pendataan terhadap aset sebelum menjabat dan sesudah menjabat sebagai kepala desa dapat terdata lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel berdasar system informasi.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Kegiatan ini merupakan strategi yang cukup efektif, mengingat kedudukan kecamatan sebagai unit pemerintahan yang paling dekat dengan desa. Sehingga peran pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa oleh Pemda, khususnya dalam pengelolaan aset Desa akan menjadi lebih optimal,” ujarnya pada penutupan kegiatan Bimbingan Teknis Penataan Aset Desa Berbasis Aplikasi Pengelolaan Sistem Pengelolaan Aset Desa di Hotel New Saphir Yogyakarta, Rabu (23/11/22).

Hal yang sama diutarakan, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Kabupaten Bangka Selatan, Muklis St menjelaskan, tujuan Bimtek ini untuk memastikan bahwa aset desa terdata dengan jelas dan benar.

“Harapannya agar tidak ada aset desa yang tidak terdata, baik aset desa yang di miliki kades – kades sebelumnya, dan juga aset desa lain yang berupa tanah dan bangunan. Jadi harus terdata melalui aplikasi SIPADES versi 2.0,” kata Muklis.

Menurut dia, sinergi semua pihak diperlukan, termasuk Kejaksaan Negeri Bangka Selatan sebagai pembinaan dan pencegahan, Polres Bangka Selatan sebagai Bhabin kamtibnas dalam hal pengawasan, dan pengamanan aset desa tersebut agar tidak sampai beralih ke pihak lain.

“Melalui aplikasi SIPADES versi 2.0 ini juga, di mungkinkan petugas dari perangkat desa lebih mudah menginventariskan aset – aset tersebut agar lebih rapi dan akurat. Kami juga studi kunjung tiru ke Desa Srimulyo dalam pengelolaan aset terbaik,” pungkasnya.

Tampak hadir, Kajari Bangka Selatan Mayasari, Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi, Kepala Inspektorat Basel, PD Marpaung, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, H. Ade Hermawan, para Camat, dan peserta dari 50 Kepala Desa wilayah Bangka Selatan.

Pos terkait

banner 468x60