TOBOALI – Direktur RSUD Bangka Selatan dr. Muhammad Fauzan pastikan peningkatan pelayanan dan fasilitas kesehatan segera di tingkatkan. Resminya berobat gratis menggunakan KTP, angka pasien yang datang berobat dipastikan akan meningkat.

“Dengan diresmikannya UHC ini. Fasilitas pun akan ditingkatkan di RSUD, mengingat pasti akan meningkat pasien yang datang berobat, diperkirakan bulan-bulan ini pasti nampak drastis naik secara signifikan, karena kami sebagai Nakes (tenaga kesehatan) seperti penjaga gawang sifatnya menunggu masyarakat,” katanya kepada wartawan selepas acara launching UHC BPJS, Minggu (11/12).

Baca juga:Β Fasilitas Dan Layanan Yang diberi Kepada Peserta BPJS Kesehatan Berbeda Dengan Pasien Umum, Kenapa?

Menurut dr. Fauzan upaya pemerintah dalam menggratiskan biaya berobat dengan KTP ber- domisili di Bangka Selatan, tentu tidak menghapus kepesertaan BPJS sebelumnya.

“Akan tetapi kepesertaannya akan dibayarkan oleh pemerintah Bangka Selatan dan sementara tagihan ke pihak mandiri peserta BPJS semetara akan dibekukan, selama pemerintah melakukan pembayaran kepada BPJS,” bebernya.

Baca juga:Β BPJS Kesehatan Masih Tunggu Salinan Putusan MA

“Prioritas masyarakat yang sebelumnya belum terdaftar di BPJS, dan pemerintah akan memfasilitasi secara langsung jadi yang berdomisili di Bangka Selatan jangan takut untuk berobat,” tambahnya.

Fauzan berharap kedepannya program yang merupakan produk BPJS ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Baik secara pelayanan dan kualitas fasilitas kesehatan diterima langsung masyarakat.

“Dan sistemnya adalah pola gotong royong. Yang sehat membantu yang sakit, semoga tercover dan kami sebagai pelayan kesehatan akan melakukan yang terbaik untuk masyarakat Bangka Selatan,” ujarnya.

Baca juga:Β 223 Nelayan Bangka Tengah Mendapatkan Premi Asuransi BPJS Ketenaga Kerjaan

Sebagai informasi UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.