BANGKA – Situasi perairan Teluk Kelabat dalam bagian Mengkubung, saat ini dikabarkan sudah sepi dari kegiatan penambangan. Hal itu terjadi pasca penertiban dan himbauan yang dilakukan oleh Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung, Jum’at (10/12) lalu.

Berdasarkan dokumentasi yang diterima dari Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung, tidak ada tambang yang beroperasi di wilayah itu. Hanya saja ada beberapa ponton yang terparkir.

Baca juga:Β Dermaga Tanah Merah Bangka Tengah Tak Tersentuh Pembangunan

Direktur Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung melalui Kasubdit Gakkum Kompol Indra Feri Delimunte saat dikonfirmasi membenarkan hal itu.

” Iya tadi anggota sudah ke lapangan. Tidak ada ditemukan aktifitas penambangan di perairan Mengkubung,” tulis Kompol Indra, dalam pesan WhatsAppnya, Minggu (12/12) siang.

Baca juga:Β 12 Unit Perahu Tradisional Modifikasi Untuk Menambang Diamankan Tim Polres Bangka Barat

Kompol Indra menegaskan, pihaknya akan melakukan tindakan penarikan unit ponton jika masih ada kegiatan penambangan di perairan tersebut.

” Kalau ada yang main lagi, kami tarik pontonnya,” ujar dia.

Terpisah, Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan saat dihubungi via pesan WhatsAppnya menyebutkan, Polres Bangka mendukung terkait penertiban tambang ilegal yang ada di perairan Mengkubung dan sekitarnya.

“Polres Bangka mendukung penuh kegiatan penertiban dan penegakan hukum secara tegas oleh Direktorat Polaiud Polda Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai langkah selanjutnya dari upaya preemtif dan preventif yg telah dilaksanakan Polres Bangka lebih dahulu sebelumnya,” kata AKBP Indra.

Baca juga:Β Bentuk Kader Unggul, PC GP ANSOR Kabupaten Bangka Gelar PKD Dan Diklatsar

Sebagai upaya lainnya kata Indra, Polres Bangka juga sudah melakukan beberapa tindakan sebelumnya guna menjaga kondusifitas. Termasuk mempertemukan kedua belah pihak yaitu penambang dan nelayan.

“Sudah, kita sudah lakukan upaya lainnya seperti pertemuan antara penambang dan nelayan. Kita tampung semua aspirasi mereka dan memberikan solusi terbaik,” ujarnya. (*)

 

Sumber: Kabarbangka.com / Cyber Media Network