KOBA – Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah (Bateng) mengikuti keseruan perayaan HUT ke-8 Paguyuban Seni Tari Kuda Lumping, Karya Manunggal, yang mengusung tema Kita Lestarikan Seni Budaya Indonesia. Kegiatan ini dilangsungkan di Gang Sawo, Kelurahan Simpang Perlang, Minggu (01/01/2023).

Tampak keseruan masyarakat yang antusias menyaksikan pertunjukan penampilan dari seni tari Kuda Lumping Karya Manunggal ini, bahkan orang nomor satu di Bangka Tengah, Algafry Rahman juga turut menari.

Dikatakan Bang Ayi, sapaan akrab Bupati, bahwa setiap tanggal 1 Januari dirinya diundang di perayaan ulang tahun Paguyuban Seni Tari Kuda Lumping Karya Manunggal. Hal ini diartikannya bahwa paguyuban ini memang konsisten dan bersungguh-sungguh melestarikan kesenian ini.

“Alhamdulillah, saya sangat senang karena bisa memeriahkan peringatan 8 tahun Paguyuban Seni Tari Kuda Lumping. Semoga terus dalam kekompakan, tetap solid, dan terus memacu semangat dalam melestarikan kesenian tari Kuda Lumping di Bangka Tengah,” ucapnya.

Bang Ayi juga menyampaikan bahwa seni tari kuda lumping ini merupakan tarian tradisional dari pulau Jawa yang masih dilestarikan oleh masyarakat Jawa yang tinggal di Bangka Tengah.

“Kuda lumping ini sebuah seni budaya yang memang harus dilestarikan. Kami dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mengapresiasi dan mendukung ini hal. Saya ucapkan selamat ulang tahun, terus berkarya, dan selalu tampil untuk Bangka Tengah,” ucapnya.(doni)