BANGKA SELATAN – Badan Narkotika Nasional Kabupaten ( BNNK ) Bangka Selatan sepanjang tahun 2022 mendata rehabilitasi pasien penyalahgunaan narkotika di Bangka Selatan mencapai target.

Total sebanyak 20 pasien rehabilitasi penyalahgunaan narkotika dibina secara rawat jalan dan merujuk ke Rumah Sakit Jiwa, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

“Untuk target di tahun 2022, BNNK Bangka Selatan punya target 20 pasien rehab, dan targetnya sudah tercapai, tapi seandainya lebih dari itu kita hanya melayani dan rekom dari laporan kepolisian,” ujar Kepala BNNK Bangka Selatan, Eka Agustina, Kamis (12/1/2023).

IMG 20230112 152251 scaledkepala BNNK Bangka Selatan Eka Agustina 

Menurut Eka, 20 pasien yang rehab di BNNK Basel dominan berusia produktif, dan masyarakat umum dengan kasus rata – rata konsumsi narkoba jenis sabu.

“Nah, dari jumlah itu rata – rata masih usia produktif, yakni ada dari kalangan pelajar, buruh dan ada juga yang bekerja di perusahaan. Itu kebanyakan mereka menggunakan narkotika jenis sabu – sabu,” bebernya.

Kendati demikian dijelaskannya, tahun 2023 BNNK Basel akan menargetkan sama dengan tahun 2022, dalam penanganan penyalahgunaan narkoba.

“Untuk di tahun 2023 sama targetnya masih 20 dan kita masih tetap bekerja sama dengan Satnarkoba Polres Basel. Jadi misalnya ada penangkapan tapi tidak ada barang bukti mereka akan berkoordinasi dengan kami untuk dilakukan rehabilitasi,” terang Eka Agustina.