NAMANG – Kamis (12/1/2022), bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Namang, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), dr. Eva Algafry melantik Ketua TP-PKK sekaligus Pengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan Namang, Ismayani Jakara.

Eva mengungkapkan, momen ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan meningkatkan semangat pihaknya dalam mendukung program Pemerintah Daerah untuk menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Bateng.

“Kita melantik Ketua TP-PKK sekaligus Pengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan Namang, tentunya kami berharap bisa bersama-sama bersinergi untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Ia menerangkan bahwa beberapa program TP-PKK yang telah dilakukan sebelumnya sebagian besar berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Oleh sebab itu, Eva menekankan agar TP-PKK di setiap Kecamatan terus meningkatkan semangat dan berinovasi sehingga menjadi kerja nyata dalam mewujudkan pembangunan segala aspek di Bateng.

“Ada 10 program saat ini di PKK, dan program itu berkaitan dengan masyarakat. Jadi kami berharap Ketua TP-PKK kecamatan beserta anggota untuk bisa lebih meningkatkan kinerja dan terus semangat kedepannya untuk mebangun Bangka Tengah ini,” terangnya.

Ia menekankan, program yang menjadi fokus PKK saat ini salah satunya mengenai penanganan pangan pada keluarga. Dalam hal ini, maka peran perempuan harus ikut serta membantu suami untuk menjaga ketahanan pangan pada keluarga, yakni mmanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan bercocok tanam.

Hal ini tentunya, salah satu langkah tepat yang dapat menjadi solusi alternatif dalam menghadapi resesi ekonomi pada keluarga.

“Saat ini yang sedang kita hadapi itu resesi ekonomi. Kita sebagai pendamping suami harus bisa mengelolah keuangan rumah tangga. Salah satu program PKK di Pokja 3 itu adalah penanganan pangan. Bagaimana nantinya bisa menanam cabai dan tanaman lainnya di setiap rumah. Upaya KWT juga dimaksimalkan, jadi kebutuhan sayur yang biasanya kita beli bisa kita tanami di pekarangan rumah,” jelas Eva.

Dalam hal ini, Ia tekankan agar pihak TP-PKK Kabupaten Bateng dapat bekerja lebih baik dan dapat berinovasi sehingga menjadi manfaat luas bagi masyarakat di Kabupaten Bateng.

“Semoga teman-teman TP-PKK semuanya dapat lebih semangat dan bekerja lebih baik. Harapannya agar dapat saling mendukung sehingga pembangunan di Bateng dapat terwujud,” harapnya.

Frekuensi yang sama diungkapkan Bupati Bateng, Algafry Rahman saat ditemui usai acara tersebut dilakukan. Diakuinya bahwa keberadaan TP-PKK saat ini tentu sangat membantu program Pemerintah Kabupaten Bateng.

Dalam hal ini, Ia yakin sinergi yang selama ini telah dibangun akan terus dilakukan sehingga upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di Bangka Tengah terwujud.

“Saya ucapkan selamat kepada Ketua TP-PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Namang. Saya berharap akan terus memberikan yang terbaik dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dan berikan inovasi sehingga Bangka Tengah terus dan semakin unggul,” ungkap Algafry.

Tak lupa juga, Ia mengucapkan selamat kepada Camat dan Sekretaris Camat Namang yang telah dilantik.

β€œSemoga dapat bekerja sebaik mungkin, bertanggungjawab dan amanah,” pesannya.

Kegiatan Pelantikan Ketua TP-PKK dan Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan Namang ini sekaligus kegiatan pisah sambut Camat dan Sekretaris Camat Namang kepada Camat sebelumnya, yakni Tamimi yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Sekda Bateng.(Doni)