TOBOALI, BERITA BANGKA.COM – Basel yang maju dalam pertumbuhan ekonomi, pertanian, perikanan dan pengembangan SDM berbasis riset, inovasi dan gotong royong itu visi kabupaten Bangka Selatan, yang disampaikan Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi pada forum konsultasi publik rancangan awal atas Rencana Kerja Pemerintah Daerah Basel Tahun 2024, Kamis (26/1/2023) di Gedung Serba Guna Parit Tiga Toboali.

Ia mengajak seluruh lembaga dan komponen masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dalam membangun dan berbenah.

Seperti diketahui 3 misi pada diskusi itu, 1. mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui optimalisasi pemanfaatan potensi pariwisata secara kreatif dan inovatif melalui penyediaan infrastruktur yang handal dan berkelanjutan.

2. mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

3. mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan publik yang responsif dan akuntabel.

β€œTentu harapan kita bersama dalam penyusunan RKPD ini dapat disusun lebih cermat dan ter integratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis,” katanya.

Sementara itu, tambah Debby sapaan akrab Wakil Bupati Basel menuturkan perlu sinergi kolaborasi dan diskusi sehingga apa yang telah direncanakan dapat berjalan maksimal.

“Mengingat, dokumen RKPD merupakan dokumen resmi yang akan menjadi acuan rencana pembangunan. Karena itu, diharapkannya forum konsultasi publik ini dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” sebutnya.

β€œIni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau RAPBD, sekaligus sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara,” demikian Debby.