SUNGAISELAN – Bulan Februari dan Agustus merupakan Bulan Vitamin A yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Pada bulan-bulan tersebut, pemerintah akan memberikan kapsul Vitamin A sebagai upaya memenuhi kecukupan vitamin pada bayi dan balita usia 6 hingga 59 bulan di seluruh Indonesia.

Tidak ketinggalan, Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kesehatan turut melaksanakan pemberian Vitamin A sekaligus obat cacing kepada bayi dan balita di rentang usia tersebut. Dengan tema Mata Sehat Dunia Ceria, kegiatan ini dimulai di PAUD Setia Kawan, Desa Keretak Atas, Kecamatan Sungaiselan, Jumat (10/02/2023) pagi, dan akan dilakukan serentak se-Bangka Tengah.

Tampak Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, bersama Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Bangka Tengah, Eva Algafry, turun langsung memberikan motivasi dan pengarahan. Antusiasme terlihat dari ramainya orang tua beserta anak yang hadir, juga sambutan tari-tarian dari para siswa PAUD Setia Kawan.

Dalam sambutannya, Bupati Bateng yang kerap di sapa Bang Ayi, berpesan kepada para orang tua untuk memberikan perhatian penuh pada pertumbuhan anak.

“Senang sekali rasanya Saya bisa bertemu Bapak dan Ibu, warga Keretak Atas hari ini, dalam rangka pembagian Vitamin A dan obat cacing untuk anak-anak kita,” ucap Bang Ayi.

Disebut Bang Ayi, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah bersama lembaga dan orang tua untuk memperhatikan kesehatan anak.

β€œKita selaku orang tua tentunya harus memperhatikan kesehatan anak agar sehat dan kuat dalam tumbuh kembangnya,” lanjutnya.

Di kesempatan ini Bupati juga menghimbau agar para orang tua untuk terus meningkatkan kewaspadaan di tengah isu penculikan yang ramai diperbincangkan.

“Terlepas berita yang beredar itu benar atau hoax, kita tetap harus waspada dalam menjaga dan mengawasi anak kita,” pesannya.

Terkait program Bulan Vitamin A, Eva Algafry selaku Bunda PAUD Bangka Tengah mengatakan bahwa kegiatan pemberian vitamin ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kecamatan yang ada di Bangka Tengah.

“Alhamdulillah kita di sini baru saja melaksanakan kegiatan pemberian Vitamin A dan obat cacing kepada anak-anak kita dalam rangka Bulan Vitamin A. Kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh Kecamatan di Bangka Tengah yang dikoordinir oleh masing-masing Bunda PAUD Kecamatan,” ujar Eva Algafry yang juga merupakan Bunda Posyandu ini.

Eva berharap dengan adanya pemberian Vitamin A dan obat cacing ini dapat meningkatkan kepedulian orang tua terhadap kesehatan anak.

“Dengan kegiatan ini kita semua tentu berharap agar kebutuhan vitamin untuk perkembangan anak kita terpenuhi, sehingga anak-anak kita dapat tumbuh sehat,” ucapnya.

Tini (28), salah satu orang tua mengungkapkan rasa senangnya dengan adanya kegiatan pemberian vitamin dan obat cacing ini.

“Senang sekali, ya, melihat anak-anak kita mendapat perhatian langsung dari pemerintah. Semoga anak-anak kita diberikan kesehatan terus,” harapnya.

Kunjungan Bupati dan Ketua TP PKK Bangka Tengah ini didampingi oleh Camat Sungaiselan, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Kepala Desa Keretak Atas, Bunda PAUD Kecamatan Sungaiselan, dan Bunda PAUD Desa Keretak Atas.(Doni)