BANGKA SELATAN, BERITA BANGKA.COM – Kepemimpinan Riza-Debby genap dua tahun memimpin Bangka Selatan. Dalam kurun masa itu, berbagai indikator pembangunan daerah menunjukkan peningkatan diberbagai sektor.

Indikator berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Selatan (Basel) yakni indeks pembangunan manusia (IPM), angka pengangguran, angka kemiskinan, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan dan termasuk daya beli masyarakat.

Salah satu sektor yang berhasil diatasi adalah penanggulangan kemiskinan penduduk Kabupaten Bangka Selatan, telah berjalan cukup efektif. Ini terbukti dari menurunnya angka kemiskinan penduduk.

Bupati Riza Herdavid melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID), Yuri Siswanto, S.ST., MM menjelaskan terhitung tahun ini sekitar 900-an jiwa penduduk miskin berhasil diatasi.

Penurunan angka kemiskinan ini cukup signifikan dengan dampak pandemic Covid-19 yang terjadi sebelumnya, telah menyebabkan dampak kurang baik terhadap sosial dan ekonomi masyarakat diwilayah itu.

β€œAlhamdulillah, mengacu data BPS, Angka Kemiskinan Penduduk Bangka Selatan Tahun 2022 turun menjadi 3,22 %. Ini setara dengan 900 an jiwa penduduk miskin yang terentaskan,” tulis Yuri Siswanto melalui rilis yang dikutip media ini, Kamis (2/3/2023).

Selain itu, pencapaian ini juga lebih baik dari angka yang ditargetkan Perda RPJMD Bangka Selatan tahun 2022 yang penurunannya sebesar 3,52%. Dibanding dengan target tersebut, maka persentase pencapaiannya mencapai 108 %.

“Ini berarti program penanggulan kemiskinan sudah berjalan efektif,” tambahnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, angka kemiskinan penduduk Bangka Selatan bukan hanya menurun, tetapi juga mencapai titik terendah sejak Bangka Selatan terbentuk sebagai daerah otonomi. Sejalan dengan semangat dan tujuan pembentukan kabupaten, perkembangan angka kemiskinan menunjukkan keberhasilan tujuan tersebut.

Kendati demikian, upaya penanggulangan kemiskinan harus tetap dilakukan secara tepat sasaran agar angka kemiskinan di Bangka Selatan terus menurun.

Berbagai upaya program penanggulangan kemiskinan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan pada tahun 2022 lalu.

Program tersebut mencakup pembangunan atau rehabilitasi rumah layak huni, bantuan usaha mikro rumah tangga, jaminan kesehatan gratis, bantuan perlengkapan sekolah serta berbagai bantuan langsung lainnya.

Diketahui hampir semua program itu kembali dilanjutkan tahun ini, bahkan dengan jumlah sasaran yang tepat sasaran dan lebih besar berbanding sebelumnya.Β  (***)