KOBA – Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar acara lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat (TTG) Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023 Kategori Umum dan Pelajar se-Kabupaten Bangka Tengah, acara digelar di Ruang Pertemuan Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Rabu (15/03/2023).

Membuka acara Padlillah selaku Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam sambutannya mengatakan bahwa gebyar Teknologi Tepat Guna Tahun 2023 ini mereka menargetkan partisipasi peserta yang banyak.

“Tujuannya untuk menjaring potensi yang dimiliki anak-anak Bangka Tengah. Hal ini agar bisa diimplementasikan untuk masyarakat Bangka Tengah agar bisa dimanfaatkan dan didayagunakan,” ucapnya.

Oleh sebab itu, dikatakan Padlillah, pihaknya ingin menggali inovasi baik dari anak-anak, masyarakat, lembaga pendidikan, kelompok masyarakat, individu dan sebagainya agar bisa dikembangkan.

“Kami meminta dukungan untuk melakukan evaluasi. Kami yakin binaan dari OPD ada yang memiliki inovasi yang bisa diturunkan dan didiskusikan kepada masyarakat, maka dari itu perlunya sosialisasi agar para peserta di tahun berikutnya bisa melibatkan rekan-rekan OPD yang ada diKabupaten Bangka Tengah,” harapnya.

Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menginventarisir potensi-potensi yang ada di Kabupaten Bangka Tengah agar munculnya keselarasan juga kesesuaian berupa hasil yang berbuah menjadi ide dan gagasan dari para peserta yang memiliki kreativitas di lembaganya.Β  Nantinya, ini bisa berguna bagi masyarakat atau kelompok masyarakat untuk dikembangkan.

“Lomba teknologi tepat guna ini penting kami selenggarakan untuk mendorong masyarakat mengembangkan daya inovasi teknologi, yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis kepada potensi unggulan daerah,” jelasnya.

Harapannya kegiatan ini mampu memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan penggunaan teknologi tepat guna untuk menaikkan nilai tambah produk, produktivitas, pendapatan masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, dan akhirnya berujung pada meningkatnya derajat dan kesejahteraan masyarakat Bangka Tengah.

Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023 kategori pelajar diikuti oleh SMA Negeri 1 Koba, SMA Negeri 1 Pangkalanbaru, SMA 1 Negeri Lubuk Besar, SMK Negeri 1 Koba, SMK Negeri 2 Koba, dan SMK Negeri 1 Sungaiselan. Adapun kategori umum diikuti oleh Posyantek Cikarge Namang dan Posyantek Simpang Katis.

Turut Hadir dalam acara Sekdin Dinsos-PMD, Kabid Pemberdayaan Desa, Tim Juri Ahli dari Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Bangka Tengah, dan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Bangka Tengah, serta Tim Pelaksana dari Dinsos-PMD, para peserta lomba, dan guru pedamping perserta lomba.(Doni)