KOBA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Dian Akbarini mengunjungi warga Desa Guntung di Balai Kantor Desa Guntung, Koba, Senin (10/04/2023).

Kunjungan pemimpin Bangka Tengah ini dalam kegiatan Pelepasan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Bantuan Pangan 2023.

Kegiatan ini berupa pembagian beras yang merupakan instruksi langsung Presiden RI kepada Badan Pangan Nasional melalui Perum Bulog di masing-masing daerah serta melibatkan Pemerintah Daerah, OPD Kabupaten/Kota terkait dan juga PT. Pos Indonesia sebagai bantuan transpor ketitik lokasi penyerahan.

Dalam kesempatannya, Algafry mengatakan bahwa pemerintah perlu memberikan jaminan atas keterjangkauan pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah.

“Tentu dengan adanya kegiatan ini, kami dari pemerintah memiliki tujuan agar masyarakat selalu memiliki akses terhadap pangan yang ideal bagi kebutuhannya, dan salah satu upayanya adalah pemberian bantuan pangan ini yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa tidak semua warga akan mendapatkan bantuan beras ini, namun ada syarat dan kategori khusus bagi penerima bantuan.”Bantuan beras ini sasarannya itu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan di Desa Guntung ini kita bagikan kepada penerima manfaat sebanyak 47 orang,” ucapnya.

Adapun total penerima manfaat bantuan pangan berupa beras di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 6.973 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar diseluruh Desa dan Kelurahan. Setiap KPM akan menerima beras sebanyak 10kg/bulan yang akan dibagikan selama 3 bulan.

“Target kami, ini akan selesai dibagikan ke semua penerima di seluruh Bateng sebelum Idul Fitri dan semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” imbuh Algafry.

Menanggapi hal ini, Indra selaku Asisten Manager Operasional PT. Perum Bulog Bangka Belitung menyatakan kesiapannya dalam membantu pendistribusian beras kepada masyarakat penerima bantuan terkait program pemerintah ini.

“Kita memang saat ini sedang fokus untuk alokasi bantuan beras ya sesuai dengan instruksi pusat agar kita selesaikan sebelum lebaran. Kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menjamin ketersediaan stok beras dan pendistribusiannya,” ucapnya.

Sementara itu, Asma (68), salah satu penerima manfaat merasa bersyukur dengan adanya bantuan ini.

“Alhamdulillah kami senang ada bantuan seperti ini. Orang susah seperti kami ini merasa terbantu. Terima kasih banyak untuk Bapak Bupati semoga berkah,” sebutnya sambil tersenyum haru.

Turut dihadiri para Asisten dan para Staf Ahli Pemkab Bateng, Kepala Disperindagkop-UKM Bateng, Camat Koba, dan Kepala DesaΒ Guntung.(Doni)