BANGKA SELATAN, BERITABANGKA.COM – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan kegiatan pemeriksaan kebugaran jasmani kepada para calon jamaah haji Bangka Selatan tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Olahraga Junjung Besaoh, Selasa (9/5/23).

“Pemeriksaan kebugaran jasmani calon jamaah haji hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dengan total 102 calon jemaah haji yang mengikuti pemeriksaan. Ada 10 calon jemaah haji yang berumur 80 tahun yang menggunakan metode jalan,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kapubaten Bangka Selatan, dr. Agus Pranawa, Selasa (9/5) pagi.

Sisa 92 calon jemaah haji menggunakan metode rockpot, yaitu berjalan atau berlari dengan mengililingi gedung olahraga Junjung Besaoh yang berada di Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Selatan.

β€œJadi tadi dihitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk berjalan atau berlari tersebut. Dari hasil tes itu akan dihitung lalu dimasukan ke KMB atau kartu menuju bugar,” jelas dr Agus Pranawa.

dr. Agus Pranawa mengimbau calon jamaah haji untuk mempersiapkan diri dari hasil pemeriksaan kesehatan, dan kebugarannya agar tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih yang cukup dan istirahat yang cukup.

β€œSehingga saat berangkat menunaikan ibadah haji di tanah suci, para calon jemaah haji sudah siap dari segi fisik. Dari 102 calon jamaah haji, ada 1 tenaga kesehatan haji dari Kabupaten Bangka Selatan,” tutupnya.