KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan kebugaran jasmani kepada 114 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Tahun 2023/1444 H, di Stadion Koba pada Kamis (11/05/2023).

Hadir mewakili Bupati Bangka Tengah, Tamimi selaku Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Bateng mengatakan pemeriksaan kebugaran bagi CJH Bateng ini merupakan salah satu persiapan sebelum berangkat ke Tanah Suci, Mekkah.

“Alhamdulillah tadi sudah dilakukan pengujian kesehatan dan insyaallah sebanyak 114 CJH dinyatakan siap berangkat. Semoga para CJH ini bisa mempertahankan kondisi fisik dengan baikΒ  hingga nanti proses ibadah hajinya bisa lancar dan menjadi Haji Mabrur,” ucapnya.

Disampaikan Zulyan selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bangka Tengah, bahwa para CJH ini sudah dilakukan tes kebugaran di beberapa kecamatan dan Puskesmas.

“Untuk tes kesehatan, CJH ini sudah melalui beberapa rangkaian, seperti diukur tensi dan lainnya, kemudian mengelilingi lintasan sepanjang 1,6 km dan semua CJH dinyatakan bugar untuk melakukan rangkaian haji,” ucapnya.

Ia mengatakan dari hasil pemeriksaan kebugaraan kali ini, semua CJH dinyatakan layak berangkat dan tidak ada yang gagal dalam melaksanakan tes kebugaran.

“Jadi, kali ini ada dua metode yang kita gunakan, pertama untuk CJH yang sehat dan fit, maka tes dilakukan dengan lari atau jalan cepat sepanjang 1,6 Km, kemudian bagi yang kesulitan, seperti yang menggunakan tongkat, kita tes dengan jalan santai selama 6 menit,” jelasnya.

Saat ditemui, Sasi (71) salah satu CJH Bangka Tengah asal Jelutung, merasa sangat bersyukur dan senang bisa segera menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah di tahun 2023.

“Keberangkatan sudah beberapa kali ditunda, seharusnya berangkat tahun 2020 lalu tapi karena pandemi Covid-19 jadi di tunda. Alhamdulillah kepastian berangkat sudah ada di tahun ini, semoga lancar dan jadi Haji Mabrur,”Β tutupnya.(Doni)