SIMPANGKATIS – Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) tingkat Kecamatan Simpangkatis Tahun 2023 yang diikuti oleh 276 peserta yang berasal dari desa-desa se-Kecamatan Simpangkatis, secara resmi dibuka.Pembukaan ditandai dengan penabuhan bedug oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, pada Jumat (19/05/2023) malam, di halaman Masjid Al Muttaqun Desa Celuak, Kecamatan Simpangkatis.

Selain meresmikan MTQH, Algafry juga melantik dan mengukuhkan para Dewan Hakim yang akan bertindak selaku juri penilai dalam perlombaan yang berlangsung hingga tanggal 22 Mei 2023 ini.

“Alhamdulillah saya senang dan bangga melihat antusiasme masyarakat yang semangat dalam menyambut kegiatan syiar Islam seperti ini,” ucap Algafry saat memberikan sambutan di hadapan warga.

Dalam kesempatan ini, Algafry menegaskan perlunya mendidik generasi penerus yang cinta kepada kitab suci Alquran.”Bapak Ibu, kita sebagai orang tua wajib menjadikan anak-anak kita menjadi generasi yang mencintai Alquran salah satu caranya adalah kegiatan seperti MTQH ini,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan MTQH ini dapat meningkatkan takwa dan menjaga generasi muda untuk terus mencintai dan mengamalkan ajaran Islam.

“Semoga di ajangg MTQH Simpangkatis ini, semua peserta memberikan penampilan terbaik karena sudah menjadi orang-orang pilihan,” lanjut Algafry.

Ahmad Bayani, selaku Camat Simpangkatis, berharap perlombaan MTQH di wilayah pemerintahannya ini dapat menjadi salah satu sarana dalam menjaga generasi muda.

“MTQH ini merupakan kegiatan yang tentu kita harapkan dapat menjadikan anak-anak kita, khususnya di Simpangkatis, mampu mengamalkan nilai-nilai Alquran sehingga memiliki karakter religius, cerdas, berbudaya, dan berakhlakul karimah,” ucap Bayani.

Kategori yang diperlombakan dalam MTQH ini antara lain Tilawatil Alquran, Qiraat Alquran, Hafidz Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syarhil Alquran, Seni Kaligrafi, Musabaqah Hadist Nabi, dan Karya Tulis Alquran.Dalam kegiatan pembukaan MTQH ini juga dilakukan silaturahmi akbar, doa, dan zikir bersama yang dipimpin oleh Habib Hasan bin Umar Assegaf.(Doni)