KOBA – Bertempat di Jalan Jendral Sudirman (area bekas lokasi PT. Koba Tin), Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, dilaksanakan acara peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (23/05/2023).

Dengan masa pembangunan yang diperkirakan akan dilakukan selama 240 hari kalender terhitung mulai tanggal 2 Mei sampai 27 Desember 2023, banyak harapan yang dipanjatkan agar pembanguan gedung perpustakaan yang baru ini dapat meningkatkan minat baca, menggerakkan ekonomi, serta dapat menjadi titik kumpul dan wisata edukasi baru bagi masyarakat Bangka Tengah.

Seperti yang disampaikan Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, usai meletakkan batu pertama sebagai simbolis dimulainya pembangunan gedung.

“Ini merupakan momentum yang luar biasa bagi Bangka Tengah, karena literasi ini merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dan untuk meningkatkannya memang membutuhkan tempat yang representatif bagi masyarakat agar nyaman dan menjadi tempat belajar serta lebih mengenal dunia luar melalui buku,” tutur Algafry.

Pembangunan gedung Perpusda yang sudah dirancang sejak lama inipun akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti taman-taman di samping kiri kanan gedung agar terlihat lebih menarik nantinya.

“Gedung Perpustakaan lama, yang merupakan sebuah peninggalan sejarah yang kita punya, nanti akan kita serahkan kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah untuk dapat dikembangkan menjadi salah satu tempat,Β heritage,Β yang mana akan kita kumpulkan sejarah-sejarah Bangka Tengah dari abad ke-17,” tutupnya.

Senada dengan Bupati, Irwandi selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Bangka Tengah juga menuturkan harapan terkait pembangunan gedung Perpusda baru ini.

“Semoga pembangunannya berjalan dengan lancar, tanpa terkendala suatu apapun, dan nanti pada saat sudah terbangun semoga akan memberikan manfaat bagi masyarakat Bangka Tengah khususnya,” harap Irwandi.

Dikatakannya, DKP akan bekerja sama dengan Disbudparpora dalam merancang titik-titik kumpul dan wisata edukasi bagi anak-anak dan masyarakat.

“Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mencerdaskan anak-anak daerah, salah satunya dengan gemar berliterasi. Upaya kami agar tempat seperti perpustakaan bisa ramai salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas bermain anak, terus meng-updateΒ buku keluaran terbaru, serta adanya bioskop mini dengan kapasitas 30 hingga 50 orang, yang akan menayangkan film-film edukasi,” pungkasnya.

Kegiatan pembangunan Gedung Perpusda Kabupaten Bangka Tengah ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tahun 2023, dan diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp9.605.630.000,- (Sembilan Miliar Enam Ratus Lima Juta Enam Ratus Tiga Puluh Ribu Rupiah).Dengan desain bangunan 4 lantai, di lantai 1 akan dijadikan lobby utama, ruang baca anak, ruang difabel, toilet umum, dan toilet difabel.

Pada lantai 2 akan ada ruang baca remaja, studio mini, ruang TIK, balkon belakang, dan toilet. Pada lantai 3 akan dibangun ruang baca umum dewasa, ruang baca referensi, ruang pertemuan, mushola, gudang, dan toilet. Pada lantai 4 akan dirancang ruang koleksi baru, ruang koleksi tandon, ruang record center, ruang pustakawan, ruang kepala Perpustakaan, pantry, sertaΒ toilet.(Doni)