KOBA – Coffee morning, yang merupakan pertemuan rutin koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), digelar kembali pada Senin (05/06/2023) di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bateng. Seperti biasa, rapat dipimpin langsung oleh Bupati Bateng, Algafry Rahman.

Dalam forum tersebut, Algafry yang didampingi Sekretaris Daerah, Sugianto, beserta Staf Ahli dan Asisten Setdakab Bangka Tengah, membahas inovasi wisata Desa Namang, juga terkait realisasi anggaran dari setiap OPD yang ada di Bateng.

“Terkait wisata di Desa Namang, nanti melalui Dinas Pariwisata, kita coba akan buat inovasi-inovasi baru dengan mempercantik daerah persawahan Namang. Sehingga nanti ada tempat bagi pengunjung untuk dapat bersantai dan menikmati pemandangan,” ucap Algafry.

Diketahui, Desa Namang yang terletak di Kecamatan Namang, Bangka Tengah, telah ditetapkan oleh Direktorat Jendela Pembangunan Desa dan Perdesaan (Ditjen PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mewakili Indonesia di tingkat ASEAN sebagai bagian dari ASEAN Village Network (AVN) tahun 2023, dalam kategori One Village One Product.

Algafry berharap dengan fokus pembangunan wisata di Desa Namang dapat menarik wisatawan berkunjung dan mempromosikan Bangka Tengah agar lebih dikenal luas.

“Kita akan fokuskan ke Namang dan kita akan bantu kembangkan karena Desa Namang juga sudah mendapatkan penghargaan kemarin,” lanjutnya.

Sementara itu untuk kondisi yang berkaitan dengan penyerapan anggaran, Algafry berharap agar Kepala OPD segera mengelola anggaran dengan baik dan tepat waktu. Jika menemui kendala, hal tersebut bisa dikomunikasikan terkait hal-hal apa saja yang menjadi masalah serta mencari alternatif penyelesaiannya.

“Mari kita hadapi kondisi yang kita alami saat ini dengan melakukan pekerjaan dengan tupoksinya masing-masing di satuan kerjanya dengan bijaksana,” ajaknya.

Menambahkan hal tersebut Sekretaris Daerah Bateng, Sugianto, juga mengharapkan agar realisasi anggaran pada semester pertama tahun 2023 ini dapat sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Kondisi sekarang sudah memasuki triwulan kedua atau semester pertama. Ini merupakan waktu bagi kita untuk penyelesaian LPJ dan juga penyerapan DAK yang mana target kita sudah selesai di tanggal 21 Juni,” ujar Sugianto.

Selain membicarakan beberapa inovasi terkait potensi wisata Desa Namang, sempat dibahas pula inovasi kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan pelayanan langsung atau mendekatkan pemerintah dengan masyarakat. Sementara disebutkan momentum terdekat adalah kurban dan persiapan peringatan Kemerdekaan RI, 17 Agustus.

Coffee Morning ini dihadiri juga para Kabag Setdakab Bateng, Kepala OPD se-Bangka Tengah, Camat se-Kabupaten Bangka Tengah dan perwakilan OPD se-BangkaΒ Tengah.(Doni)