BANGKA SELATAN, BERITABANGKA.COM – Bupati Bangka Selatan, H. Riza Herdavid, didampingi Kadis Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga meghadiri Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia di Transmart Pangkalpinang, Sabtu (3/6).

Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan AKI 2023 yang diselenggarakan di beberapa kabupaten/kota salah satunya di Pulau Bangka yeng menampilkan subsektorkuliner, kriya, fashion, Aplikasi, film dan musik, agar mendorong daya beli masyarakat dan mengkampanyekan bangga pada buatan Indonesia.

Bupati Riza Herdavid mengaku bangga dan mengapresiasi karya anak muda dari Bangka Selatan.

“Rendy Agustian, selaku pemilik Brand batik Habangka menjadi perwakilan satu-satunya subsektor fashion dari Kabupaten Bangka Selatan,” ujar Riza Herdavid

Mengusung tema-tema kekayaan alam dan budaya melalui motif-motif batik khas Bangka Selatan, Rendy seakan ingin menunjukkan potensi terbaik yang dimiliki kampung halamannya.

Riza Herdavid berharap, kepada pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi menggali nilai-nilai lokal untuk bisa dikembangkan menjadi produk bernilai jual yang mampu berdaya saing tak hanya dilevel lokal saja tapi juga nasional maupun Internasional.Β  Keikutsertaan produk Bangka Selatan di dalam AKI 2023 diharapkan mampu menjadi motivasi bagi pelaku usaha ekonomi kreatif lainnya di Bangka Selatan untuk terus meningkatkan nilai produknya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Firmansyah menyatakan bahwa masih banyak potensi ekonomi kreatif di Bangka Selatan yang bisa dikembangkan.

“Semoga Sub sektor lainnya akan ikut menyusul dalam program-program pembinaan serupa untuk para pelaku ekonomi kreatif,” tuturnya.

Menurutnya, Kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia sendiri merupakan salah satu Program Unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak tahun 2021. Pameran AKI 2023 di Bangka akan diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 2-4 Juni 2023.

Berbagai rangkaian acara dihadirkan untuk memberikan wawasan kepada pelaku ekonomi kreatif maupun pengunjung yang berpartisipasi. AKI 2023 diharapkan mampu mendorong lebih cepat transformasi digital, sebagai rumah para pelaku UMKM yang kreatif dan inovatif.

“Selain sebagai ruang apreasiasi juga sarana promosi yang dapat memperluas pasar terhadap produk dari para pelaku ekonomi kreatif,” pungkasnya.