SIMPANGKATIS – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) selenggarakan kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Tahun 2023 di Lapangan Bola Desa Terak, Kecamatan Simpangkatis, Rabu (14/06/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan ke-30 Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2023.

Diantara beberapa program prioritas nasional, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merancang salah satu program unggulannya, yakni Bangga Kencana, yang merupakan akronim dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana.

Program Bangga Kencana bertujuan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan, serta mempunyai fokus dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang hadir di tengah warga Desa Terak, juga berkesempatan menyambut kedatangan Inspektur Utama BKKBN Pusat, Ari Dwikora Tono.

Ari Dwikora mengatakan, dengan memanfaatkan Harganas 2023, BKKBN berinisiatif melakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor, di mana dalam satu hari pelaksanaan ditargetkan sebanyak 1 juta akseptor dapat terlayani.

“Melalui kegiatan yang dilakukan di seluruh Indonesia ini diharapkan beberapa target sasaran strategis BKKBN serta keberhasilan indikator untuk memantau kualitas pelayanan dapat tetap diwujudkan,” harap Ari melalui sambutannya.

Diketahui, pelaksanaan pelayanan KB ini akan dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan target yang diberikan oleh pemerintah pusat adalah sebanyak 7.216 peserta KB dari seluruh metode kontrasepsi, dan sebanyak 493 peserta KB pasca persalinan, yang ada di Provinsi Babel.

Algafry Rahman sangat mendukung terwujudnya program ini. Dirinya mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kepesertaan KB.

“Ayo sama-sama kita jaga keberlangsungan pemakaian alat kontrasepsi, kita tingkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pasangan usia subur, dan tentu saja yang kita harapkan adalah agar dapat membantu percepatan penurunan stunting,” pintanya.

Target PSA Kabupaten Bangka Tengah yakni sebanyak 892 akseptor. Per hari ini (Rabu, 14 Juni 2023), akseptor yang telah menerima pelayanan di Bangka Tengah sebanyak 964 orang, dan yang telah menerima pelayanan pada acara iniΒ  sejumlah 133 akseptor.

Selain Pelayanan KB gratis, Pemkab Bangka Tengah juga bersinergi dengan instansi vertikal, seperti BPN dengan pelayanan Warung Lakso ATR/BPN (Wadah Ruang Layanan Kegiatan Sobat Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Bangka Tengah dan melakukan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Desa Terak.

Terdapat juga pelayanan cek kesehatan gratis, pelayanan PBB, pelayanan SIM/STNK, pelayanan izin usaha, stand UMKM dari Disperindagkop-UKM, Dinas Perikanan, serta pelayanan dari OPD lainnya yangΒ  ikut berpartisipasi.

Turut hadir Sekda, Asisten, Staf Ahli, jajaran Forkopimda, para Kepala OPD Pemkab Bangka Tengah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Provinsi Babel, Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Babel, perwakilan BPN Kabupaten Bangka Tengah, serta penampilan dari Forum Genre BangkaTengah.(Doni)