KOBA – Rangkaian demi rangkaian acara telah dilalui para peserta Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) XII serta Festival Islam Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023, dan kini sampailah pada hari penutupannya yang digelar di Halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Senin (26/06/2023) malam.

Dimulai sejak 21 Juni 2023 lalu, MTQH XII serta Festival Islam ternyata telah mampu menyatukan masyarakat Bangka Tengah dalam kerangka ukhuwah islamiyah yang luar biasa.Gelaran acara penutupan ini dimulai dengan pembacaan lantuan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh qori Khoiril Imam, seorang juara dari ajang MTQ RRI di Palu, yang akan mengikuti ajang MTQ Internasional di Maroko.Β 

Dilanjutkan dengan sajianΒ Smart MotivasionΒ bersama Happy Chandrayana M.I.Kom., seorang motivator yang juga sebagai Master of Caremony (MC) di Istana Republik Indonesia.Penutupan MTQH sekaligus pengumuman para pemenang yang telah berkompetisi ini diwarnai suasana bahagia dan haru.

Pasalnya, Kecamatan Koba kali ini bisa menyabet gelar sebagai juara umum di gelaran MTQH XII Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2023, dengan total perolehan nilai sebanyak 122, diikuti oleh Kecamatan Sungaiselan diurutan kedua, dan Kecamatan Namang diposisi ketiga.Algafry Rahman yang menyerahkan langsung piala kemenangan kepada para juara berpesan, agar para peserta tetap semangat dan dapat memberikan yang terbaik di ajang MTQH Tingkat Provinsi Kepulauan Babel yang akan diselenggarakan di Sungailiat Kabupaten Bangka mendatang.

“Alhamdulillah, berjalan lancar sampai dengan penutupan. Terima kasih banyak kepada seluruh dewan hakim, panitia pelaksana, dan seluruh yang mendukung kegiatan ini. Mempertahankan memang tidak mudah, tapi kita harus tetap berusaha sebaik mungkin untuk memaksimalkan kemampuan yang kita punya, agar kita bisa menjadi juara umum kembali di tingkat Provinsi,” harap Bupati.

Para juara yang sudah dijadwalkan masa pelatihannya ini, akan kembali dididik selama 4 bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi MTQH Tingkat Provinsi.Ema Febriyanti selaku Camat Koba merasa sangat bangga atas raihan prestasi dari anak-anak yang berpartisipasi dalam lomba ini.

“Alhamdulillah, kami luar biasa bersyukur akhirnya Kecamatan Koba bisa menjadi juara umum pertama. Kepada para pemenang, saya mengucapkan terima kasih atas perjuangannya, dan kepada dewan hakim yang telah mempersiapkan peserta selama satu bulan. Untuk yang akan datang, akan kami tingkatkan pembinaannya, juga asupan kepada para peserta seperti vitamin dan kebutuhan lainnya akan kami persiapkan lebih matang,” ungkap Ema.

Suasana haru pun semakin terasa, setelah diputarkannya vidio kisah perjalanan hidup seorang Algafry Rahman Bupati Bangka Tengah di mana acara ini bertepatan dengan peringatan hari lahirnya 26 Juni 1975, 48 tahun silam.

Dirinya berterima kasih atas ucapan serta dukungan dari seluruh keluarga besar Pemkab Bateng dan unsur Forkopimda yang telah menjalin kerja sama yang baik selama dirinya menjabat.

“Terima kasih, alhamdulillah. Semoga doa yang baik dapat terwujud, dan kita bersama-sama dapat terus memberikan yang terbaik bagi Bangka Tengah,” pungkasnya.

Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah hadir didampingi Sekda, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat, serta organisasi keagamaan se-BangkaΒ Tengah.(Doni)