KOBA – Masih dalam euforia kemenangan Kontingen Bangka Tengah pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Bangka Belitung (Babel) Tahun 2023, masyarakat Bangka Tengah beramai-ramai menyambut kontingen atlet yang melakukan konvoi dimulai dari depan Masjid Jami Soeprapto Soeparno Pangkalanbaru hingga di Bundaran Tugu Ikan Kota Koba, Jumat (01/09/2023).

 

Cuaca terik tak menyurutkan semangat para kontingen, official, serta pengurus KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Bangka Tengah, berarak-arak sambil menjunjung tinggi trofi Juara Umum Porprov VI Babel yang dipertontonkan kepada masyarakat Bangka Tengah yang bersorak sorai di tepi jalan utama.

 

Algafry pun berujar, hal ini memang dilakukan untuk menyebarkan semangat juara kepada anak-anak yang menyaksikannya.

 

“Dari mulai Masjid Jami Soeprapto, sampai ke Bundaran Koba ini, kita lihat tadi anak-anak dari mulai SD, SMP, SMA melihat rekan atlet semuanya membawa piala itu pasti terbersit dibenak mereka untuk bisa juga seperti kalian. Motivasi itu yang ingin kita angkat, agar mereka juga merasakan semangat jawara itu,” kata Algafry dalam sambutannya.

 

Heboh diarak karena ini memang kali pertama Bangka Tengah menjadi juara umum dan menerima piala bergilir dalam kejuaraan Porprov setelah mendulang total 169 medali yang terdiri dari 71 medali emas, 51 perak, dan 47 perunggu.

 

“Ini adalah sejarah bagi kita semua, akhirnya kita bisa menjadi juara di ajang Porprov ini. Saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, kami semua bangga kepada teman-teman atlet semua termasuk masyarakat yang hadir menyaksikan dan memberikan semangat selama masa pertandingan, termasuk juga official dan tim medis, kalian luar biasa!” seru Algafry bangga.

 

Ditemui di tempat yang sama, Yasir selaku Ketua KONI Bangka Tengah pun merasa sangat bersyukur dapat meraih kemenangan ini bersama.

 

“Alhamdulillah, apa yang kita sama-sama targetkan dapat tercapai dan melampaui target. Kami berharap kepada para atlet kita jangan pernah berhenti berlatih,” ungkapnya.

 

Kompetisi akan selalu ada, dikatakan Ketua KONI Bangka Tengah, yang akan dihadapi dalam waktu dekat adalah Porwil (Pekan Olahraga Wilayah) di Riau dan Prakualifikasi PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

 

β€œSilakan berkompetisi untuk menjadi wakil dari Provinsi Babel dan mudah-mudahan bisa mencapai tingkat Nasional,” ucap Yasir penuh harap.

 

Pada acara penyambutan ini, Bupati juga mengundang Ketua KONI terdahulu untuk ikut bersama-sama merayakan kemenangan ini, Kodri AR salah satunya.

 

“Saya bangga sekali, kepemimpinan KONI yang sekarang juga bagus. Bisa kita lihat kemampuan atlet kita semakin tahun semakin meningkat, karena didukung juga oleh segala fasilitas yang semakin bagus. Pesan saya kepada para atlet muda adalah jangan pernah berhenti teruslah maju sampai ke tingkat nasional dan Internasional kelak,” pungkas Ketua KONI periode 2013 – 2017 ini.

 

Turut hadir para Asisten dan Staf Ahli Setda Kabupten Bangka Tengah, Forkopimda, Kepala OPD, serta para Sekretaris Dinas, Kabag, Kabid, Kasubbag, Subkor, dan pelaksana dalam lingkup Pemkab Bangka Tengah.