BERITABANGKA.COM – Koramil 432-02 / Payung bersama warga setempat membantu padamkan api saat terjadi kebakaran di lahan Dusun Mekar Jaya, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (27/9/2023).

Kebakaran lahan ini terjadi pada pukul 09.35 WIB dan membakar semak belukar seluas setengah hektar di Dusun Mekar Jaya, Desa Payung, Kecamatan Payung tepatnya berlokasi sebelahan dengan pasar rakyat.

Batituud Koramil 432-02/Payung, Peltu Yudi Damanik menjelaskan api bermula dari warga Dusun Air Ketul yang membakar sampah di kebun nanas miliknya, karena cuaca panas dan angin cukup kencang, kemudian api menyambar dengan cepat semak belukar sehingga terjadilah kebakaran.

β€œBersama warga dan anggota polsek payung hampir 40 menit api berhasil dipadamkan dengan menggunakan perlengkapan seadanya ,” ujarnya.

Tak hanya itu, Peltu Yudi menegaskan kepada warga, pada musim kemarau seperti ini, jangan membuka lahan dengan cara dibakar dan jika terpaksa membakar sampah carilah tempat yang jauh dari media yang mudah terbakar dan harus ditunggu hingga api padam.