BERITABANGKA.COM – Sebanyak sembilan sanggar seni dan budaya Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti event Kemilau Pesona Bangka Selatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21-22 Oktober 2023 di Pantai Nek Aji Toboali.

 

“Sanggar-sangar yang tampil itu sebagian berasal dari Bangka Selatan dan ada juga dari Kota Pangkalpinang dan Sungailiat,”kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan Firmansyah di Toboali, Minggu(22/10).

 

Disampaikan untuk pembukaan penampilan pertama menampilkan aksi dari Sanggar Eksotika Habang dengan tema Legenda Pulau Campak.

 

“Untuk penampilan kedua akan tampil dari Sanggar Astari lalu sanggar Tiara Selatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,”kata dia.

 

Menurut Firman aksi penampilan yang disuguhkan oleh para penari sangat menarik perhatian penonton dan disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

 

“Para penonton sangat menikmati tarian yang disuguhkan para peserta dari berbagai sanggar kreativitas anak muda ini,”katanya.

 

Ia menjelaskan setiap sanggar menampilkan aksi yang memukau dan mengisahkan berbagai cerita seperti penampilan sanggar Eksotika Habang tadi mengisahkan tentang Legenda Pulau Campak.

 

“Sedangkan Sanggar Astari mengisahkan tentang Bujang Kirai Putri Kemirai lalu sanggar Ladang Budaya menceritakan tentang Bubung Tujuh,”kata dia.

 

Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para pencinta seni dan budaya dalam menampilkan karya seni di pentas seni seperti ini.

 

“Sehingga dapat menjadi motivasi dalam kegiatan yang akan datang baik ditingkat provinsi maupun tingkat Nasional dan berhasil meraih prestasi yang dapat mengharumkan nama daerah,”kata dia.