BERITABANGKA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan,Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengambil alih persoalan bonus atlet berprestasi pada Ajang Porprov VI Bangka Barat yang pernah dijanjikan oleh Ketua KONI daerah setempat beberapa waktu lalu.

“Kami hanya ingin menyelesaikan persoalan bonus atlet saja agar dapat diberikan kepada atlet yang berhak menerima sesuai perolehan medali,”kata Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan Firmansyah saat memberikan arahan kepada atlet peraih medali di GOR Sport Center Toboali,Rabu(1/11).

Disampaikannya untuk persoalan nilai bonus yang diberikan itu sesuai dengan kemampuan keuangan daerah namun terima atau tidak itu kembali kepada para atlet.

“Makanya hari ini seluruh atlet yang meraih medali itu diundang untuk diskusi mengenai angka bonus ini,setelah itu tergantung pada cabor dan atlet menerima atau tidak,”kata dia.

Menurut Firmansyah anggaran untuk bonus atlet ini dianggarkan melalui anggaran perubahan yang nilainya mencapai satu miliar lebih.

“Saya baru bertugas selama sembilan bulan jadi tidak mengetahui secara pasti besaran bonus yang dijanjikan ketua Koni,”katanya.

Dirinya berharap para atlet dan pengurus cabor menerima usulan yang kami sampaikan ini sehingga persoalan bonus atlet yang sering ditanyakan itu segera selesai.

“Namun apabila para atlet menolak maka anggaran ini akan dikembalikan ke kas negara sebab kami tidak berani mengunakan anggaran yang sudah ditetapkan untuk bonus atlet ini,”kata dia.

Ia menyesali ketua Koni Bangka Selatan tidak dapat hadir dalam acara ini namun hanya diwakilkan kepada pengurus dan staf dari bendahara.

“Sampai saat ini kita tidak tahu keberadaan ketua Koni,padahal kehadirannya dapat menjawab persoalan yang tengah terjadi,”katanya.

Salah satu pengurus Cabang Olahraga Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Dodi mengatakan tidak dapat menerima bonus yang akan diberikan oleh Disparpora karena tidak sesuai dengan janji Ketua KONI beberapa waktu lalu.

“Secara tegas kami sampaikan menolak bonus yang akan diberikan oleh Dinas terkait ini karena sangat melukai perasaan para atlet,”kata dia yang langsung disambut dengan tepuk tangan para atlet yang hadir di GOR Sport Center Toboali itu.