BERITA BANGKA.COM, JEBUS– Kebakaran Kapal KLM Berkat Niaga di Perairan Pantai Bembang, Jebus, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu, (01/12/2021) sekitar pukul 17.45 WIB. Kapal KLM Berkat Niaga bermuatan Karet dengan tujuan Palembang menuju Pontianak serta kondisi cuaca Berawan  dengan kecepatan angin 7 knot tinggi gelombang  0.2 – 2,5 m.

IMG 20211201 WA0063

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fazzli, mengatakan, dia mendapat laporan dari KSOP Mentok selang 15 menit dari kejadian kebakaran Kapal KLM Berkat Niaga di Perairan Pantai Bembang.

” Basarnas Bangka Belitung segera melaksanakan penyelamatan dengan menggerakkan personil unit siaga mentok dan pos Angkatan Laut (AL) menuju kelokasi kejadian serta berkoordinasi dengan kelompok nelayan di Pantai Bembang, Jebus untuk meminta bantuan nelayan pantai jebus.” kata Fazzli  Kepala Kantor SAR (Kakansar) Pangkal Pinang. Rabu, (01/12/2021)

Selanjutnya fazzli mengkoordinasikan kepada para nelayan disekitar Pantai Bembang Jebus untuk membantu evakuasi.

” Nelayan yang sedang berada di sekitar pantai jebus berhasil menyelamatkan 9 orang ABK KLM Berkat Niaga Abadi dalam keadaan aman dimana sebelumnya ke 9 ABK tersebut menyelamatkan diri kelaut dengan peralatan rakit seadanya  pada saat terjadi kebakaran,” ujarnya.

“Sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, dan identitas para korban yang selamat, sedang dalam penggalian informasi lebih lanjut oleh anggota tim dilapangan,” pungkasnya.