Β MUNTOK – Pelabuhan Tanjung Kalian ASDP bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat mengelar donor darah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis, Kamis (06/01/2022), yang dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Selain dilaksanakan donor darah dan cek kesehatan, di lokasi dilaksanakannya aksi sosial tersebut juga digelar bazar murah.

Koordinator UTD RSUD Sejiran Setason Mika Sasmita mengatakan kegiatan donor darah yang diadakan di pelabuhan bersama ASDP memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis serta bazar murah.

“Hari ini kita adakan donor darah dari pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, yang mana kita mendapatkan darah sebanyak 25 kolf, yang terbagi menjadi 4 bagian golongan darah yakni, A sebanyak 10 kolp, golongan darah B 5 kolf, untuk AB sebanyak 4 kolf dan untuk golongan darah O sebanyak 6 klof. Untuk total Keseluruhan sebanyak 25 kolf,” ujarnya.

Sementara itu GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christoper Samosir menerangkan bahwa dilaksanakannya donor darah serta memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis serta bazar murah dan dibantu oleh beberapa pihak.

“Hari ini tepatnya pada tanggal 02 Januari 2022 kita bersama dengan teman-teman lainnya mengadakan donor darah bersama PMI Bangka Barat, Jasa Raharja dan yang utama dilakukan oleh Ikatan Istri Karyawan ASDP (IIKA) ini menyelenggarakan donor darah, bazar murah dan juga pemeriksaan kesehatan gratis yang berlangsung hanya satu hari dari pukul 8.00 sampai 13.00 wib,” ungkapnya.

Selain itu, Samosir mengatakan kegiatan tersebut langsung di buka oleh Bupati Bangka Barat dengan memberikan dukungan penuh kepada para pendonor.

“Sangat didukung penuh oleh Bupati Bangka Barat H. Sukirman, yang tadi telah membuka secara resmi serta memberikan semangat kepada kita semua dan keseluruhan yang melaksanakan donor darah hari ini,” jelasnya.

“Saya rasa berbagi sesama itu adalah hal yang utama dimasa – masa saat ini. Apa lagi dari data – data kita ketahui bersama bahwa wilayah kita sangat-sangat membutuhkan stok darah, terutama di wilayah kita bangka Barat ini.” jelasnya.

“Berjalannya kegiatan ini, dimeriahkan para pihak Polri, TNI, BPBD, PMI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan juga dari unsur-unsur lainnya serta teman-teman yang berkecimpung di wilayah pelabuhan tanjung kalian,” ujarnya.

Salah satu anggota TNI yang bertugas di Kodim 0431/Bangka Barat, Koptu Rahmat mengungkapkan ia sudah sering mendonorkan darah. Adapun diakuinya kondisi kesehatannya tetap sehat.

“Ini ke-19 kalinya saya mendonorkan darah setelah donor tidak ada yang sakit, kalau untuk persiapan tidak ada cuma sarapan terus sebelum donor semalam saya tidak bergadang,” jelasnya.

Yulia (36), salah satu masyarakat yang ikut mendonorkan darah, mengatakan sudah sering melakukan donor darah.

“Sudah belasan kali saya donor darah. Ini tangan sebelah kanan, sebelah kiri sudah biasa diambil darahnya. Saya bersyukur setelah diambil darahnya tidak ada rasa sakit setelahnya. Kalau untuk persiapan tidak ada cuma kalau mau donor makan terus minum air putih secukupnya saja,” ungkapnya.