MUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat saat ini bahas persiapan Arus mudik lebaran 2022, antaranya persiapan yang dilakukan adalah dimanfaatkan lahan milik Pemkab untuk pelayanan bagi pemudik, Senin (11/4/2022).

Dalam rapat Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan, guna hadapi arus mudik lebaran dan menghindari hal yang tidak diinginkan agar pelayanan terhadap pemudik dapat terlaksana dengan baik, area Pelabuhan Tanjung Kalian yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Muntok sudah melakukan persiapan.

” Untuk mempersiapkan hal hal yang terburuk, kemungkinan kemungkinan yang akan di hadapi pas mudik ditahun 2022. Tadi sudah kita siapkan skenario In sya Allah yang ingin kita pastikan adalah memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, khususnya masyarakat bangka yang ingin melakukan penyebrangan kearah Sumatera melalui ASDP muntok,” Ujar Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, diruang rapat or Sekda II (11/4).

“Mulai dari antriannya, persiapan prasarana baik itu wc, musholla dan lain-lain, sehingga menjadi titik kumpul tatkala ada apa – apa dengan mereka, beberapa prasarana sudah ada disana, sarana sementara sehingga memberikan kenyamanan bagi calon – calon pemudik yang In sya Allah melakukan penyebrangan,” tambahnya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi padatnya kendaraan pemudik, Pemkab menyediakan pelataran parkir.

“In sya Allah kita akan menggunakan lahan Pemda Bangka Barat, yang ada di sebelah ASDP, mulai hari ini kita akan mempersiapkan lokasinya, serta prasarana tempat kuliner dan sebagainya, sehingga arus mudik tidak tidak terganggu dan membuat mereka nyaman, dari mulai nomor antrian dan sebagainya dan, kita pastikan tidak ada calo di penyeberangan diarus mudik kali ini,” katanya.

Menurutnya, untuk mengurangi potensi terpaparnya COVID-19, pemudik tetap wajib melaksanakan prosedur perjalanan.

“Sebagaimana intruksi presiden dan protokol kesehatan sudah kita pastikan selama ini kita lakukan, untuk arus mudik kali ini tetap sama prosedurnya,” katanya.

Senada, GM PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir menjelaskan, pihaknya telah menyusun rencana persiapan arus mudik lebaran 2022 dengan berbagai persiapan penting.

“Pada 22 April sampai 10 Mei, kita akan mendirikan posko penyebrangan di Pelabuhan. Kita juga menyiapkan sejumlah rencana jika ada kepadatan penumpang, yakni menambah trip perjalanan ekstra, dan memperluas area kantung parkir di Pelabuhan,” tambah Christopher.