PANGKALANBARU – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bangka Tengah menggelar acara Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Bantuan Pangan Beras Tahap II Tahun 2023, bertempat di Kantor Desa Air Mesu, Selasa (09/05/2023).

Pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran cadangan pangan pemerintah sebagai salah satu upaya penting untuk mewujudkan keterjangkauan pangan baik dari aspek fisik maupun ekonomi.

Kegiatan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Bantuan Pangan Beras Tahun 2023 merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan pangan khususnya kepada masyarakat berpendapatan rendah. Melibatkan Badan Pangan Nasional, Perum Bulog, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, dan PT. Pos Indonesia penyaluran bantuan ini diharapkan bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan bahwa bantuan pangan beras ini sudah berada di tahap kedua dari tiga tahap yang akan dilaksanakan.

“Pada tahap pertama pada April lalu sudah kami salurkan bantuan ini. Alhamdulillah tahap kedua sekarang sudah bisa dilaksanakan, dan untuk tahap ketiga insyaallah akan disalurkan dalam waktu dekat,” kata Algafry.

Ia berharap bantuan ini memberi manfaat untuk penerimanya. Adapun jumlah penerima bantuan pangan beras di Desa Air Mesu sebanyak 60 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Ratno (40) salah satu penerima manfaat mengutarakan rasa syukurnya atas pemberian bantuan pangan beras ini.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah atas bantuannya dan Bapak Bupati Bangka Tengah yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dalam penyaluran bantuan dan bersilaturahmi dengan kami. Semoga kedepannya kami dapat bantuan lagi, bagi yang belum kebagian semoga bisa kebagian terutama untuk yang benar-benar berhak layak dapat bantuan,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Kepala DPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala DPKP Bateng, Kepala Disperindagkop-UKM Bateng, Satgas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Satgas Pangan Bateng, Perwakilan Perum Bulog Cabang Bangka, dan Perwakilan PT. Pos Indonesia.(Doni)