Sungailiat, Berita Bangka.com – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menghimbau masyarakat nelayan Bangka Belitung agar belajar meningkatkan strategi pemasaran atas hasil laut.

Menurutnya, dengan pemasaran yang baik dan penting itu, untuk meningkatkan daya saing atas produk perikanan sehingga peningkatan ekonomi masyarakat dapat terwujud.

“Nelayan perlu memahami tuntutan pasar, tren konsumen, dan memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan hasil tangkapan,” kata Tri Rismaharini.

Tak hanya itu, Tri Rismaharini sebut dengan adanya wadah legalitas seperti Koperasi Nelayan dapat bersama memperoleh manfaat dari badan usaha itu.

“Kelompok Nelayan ini juga perlu membuat koperasi sebagai wadah masyarakat nelayan untuk bekerja sama, saling mendukung, dan meningkatkan daya saing produk perikanan mereka. Dengan bergabung dalam koperasi, nelayan dapat memperoleh manfaat kolaborasi dalam pemasaran, pengadaan peralatan, serta akses ke pelatihan dan bantuan teknis,” jelasnya.

Mensos RI itu menegaskan peran kaum perempuan dalam masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ekonomi sangat penting. Ia menganjurkan agar ibu nelayan dapat mengembangkan kerajinan atau produksi rumah tangga yang berkaitan dengan sektor perikanan.

“Hal ini akan memberikan kesempatan bagi para ibu-ibu untuk berkontribusi secara ekonomi dan meningkatkan pendapatan keluarga mereka,” katanya.

Tri Rismaharini sangat menyadari potensi yang dimiliki oleh sektor perikanan di Kabupaten Bangka Selatan sangat potensial.

“Dengan penyerahan bantuan kapal tangkap ikan, himbauan untuk meningkatkan pemasaran, dukungan terhadap kerajinan dan produksi rumah tangga, serta promosi koperasi, diharapkan sektor perikanan di wilayah ini dapat berkembang dengan pesat,” pungkas dia.