KOBA – Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023 yang diperingati beberapa waktu lalu, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Bangka Tengah, kali ini menggelar sebuah panggung pertunjukan serta talk show dengan mengundang salah seorang Hafidz Qur’an cilik Indonesia, Naja Hudia Afifurrahman.

 

Acara yang digelar pada Kamis (19/10/2023) di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Kabupaten Bangka Tengah ini, dihadiri oleh Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, Eva Algafry selaku Bunda PAUD, serta FORKOPIMDA Kabupaten Bangka Tengah.

 

Sosok Naja mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penonton program acara Hafidz Indonesia yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Di usianya yang kini memasuki tiga belas tahun, kemampuan Naja Hudia membaca dan hafal Al Quran 30 juz tetap terjaga dan semakin baik, terlepas dari keterbatasan fisiknya akibat penyakit cerebral palsy atau lumpuh otak yang berdampak pada hilangnya fungsi motorik.

 

Dengan kehadiran Naja pada Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023 kali ini, diharapkan anak-anak yang hadir dapat terinspirasi serta orang tua yang mendampingi pun dapat mengambil ilmu dari cara pengasuhan Umi (ibu-red) Naja.

 

Dalam sambutannya, Algafry Rahman menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

 

“Momentum di mana anak-anak dapat dengan bebas meluapkan aspirasi, kreasi, dan inovasi sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing seperti ini sangat bagus untuk diadakan,” ungkapnya.

 

Dirinya juga sangat mengagumi sosok Naja, dan berharap anak-anak di Bangka Tengah dapat mempunyai semangat yang tinggi seperti Naja.

 

“Ananda Naja adalah sosok anak yang sangat luar biasa. Dengan segala keterbatasan yang ada, bukan menjadi penghalang untuk menjadi sosok yang berakhlakul karimah. Sudah sepatutnya kita selalu bersyukur atas segala yang kita punya saat ini. Semoga dengan mendengar cerita Naja secara langsung, anak-anak di Bangka Tengah dapat mempunyai semangat yang sama. Terima kasih Naja sudah hadir di Bangka Tengah, doakan kebaikan untuk kami semua,” pungkas Algafry.

 

Dalam acara ini, diberikan pula penghargaan dan apresiasi kepada Pengadilan Negeri Koba, POLRES dan UPPA POLRES Bangka Tengah, Kejaksaan Negeri Koba, atas dedikasinya sebagai Aparat Penegak Hukum Peduli Anak, Bank SumselBabel sebagai Perbankan Peduli Anak, serta Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah sebagai Instansi Peduli Anak.

 

Acara diramaikan juga dengan berbagai penampilan seperti nyanyian beserta bahasa isyaratnya, juga pantomim dari Sekolah Luar Biasa Koba, dan lain sebagainya.