TOBOALI, BERITABANGKA.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMINDAG) laksanakan pelatihan pengelolaan manajemen koperasi.

Kegiatan berlangsung di Gedung Serbaguna Bangka Selatan yang di ikuti bidang pemberdayaan usaha mikro dan pelaku usaha.

“Pada Sub Kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro yang dilakukan melalui pendataan, Kemitraan, Kemudahan Perizinan, Penguatan Kelembagaan dan Koordinasi dengan para pemangku kepentingan,” ujar Kepala DKUMINDAG Kabupaten Bangka Selatan M. Iqbal, Selasa (20/6).

Dikatakan Iqbal sumber anggaran untuk kegiatan menggunakan dana alokasi khusus non fisik.

“Sumber dana kegiataan ini menggunakan dana DAK non Fisik Bidang Koperasi Bangka Selatan,”tutur Iqbal.

Selain itu tambahnya, kegiatan pelatihan Manajemen Koperasi ini dibuat menjadi dua angkatan pelatihan.

“Angkatan pertama dari tanggal 20-22 Juni 2023 dan angkatan ke 2 tanggal 23-25 Juni. Angkatan pertama terdiri dari 35 orang yang berasal dari anggota atau pengurus koperasi yang berada di Kecamatan Toboali sedangkan peserta angkatan ke 2 berjumlah 35 orang berasal dari anggota koperasi yang berasal dari luar Kecamatan Toboali,” tutur M. Iqbal.

Ia berharap tujuan dari kegiatan ini dapat memajukan semangat pelaku usaha pada bidang koperasi dan dapat berkolaborasi dengan pihak ketiga.

“Output dari kegiatan pelatihan Manajemen Koperasi, diharapakan dapat memupuk semangat berkoperasi, serta Koperasi yang ada di Kabupaten Bangka Selatan dapat mengembangkan usahanya sesuai dengan peraturan-peraturan keporasi dan dapat menjalin kemitraan dengan pihak-pihak lainnya,” imbuhnya.