Balitbangtan BPTP Babel – PT Langgeng Duta Bersama Siapkan Perbenihan Sorgum Bioguma

  • Whatsapp

Balitbangtan BPTP Bangka Belitung (Babel) melaksanakan kemitraan dengan perusahaan lokal PT Langgeng Duta Bersama untuk perbanyakan perbenihan Sorgum Bioguma Agritan di Babel. Hal ini untuk pengembangan komoditas sorghum guna mendukung ketahanan pangan di Babel.

Langkah ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, untuk penyiapan pangan alternative non beras, terlebih Bangka Belitung hingga saat ini masih tergolong defisit pangan. Dimana produksi beras hanya mampu mencukupi kebutuhan pangan 25-30% dari total kebutuhan. Dan sisanya masih harus didatangkan dari luar daerah.

Bacaan Lainnya

“Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di Babel, pada hari ini dilakukan penanda tanganan nota kesepahaman untuk pengembangan benih sorgum antara BPTP Babel dengan PT Langgeng Duta Bersama yang ditanda tangani di Pangkalpinang,” kata Kepala BPTP Babel, Suharyanto, (15/06/20).

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPTP Babel menyerahkan 30 kg benih sorgum Bioguma Agritan kepada PT Langgeng Duta Bersama dengan kelas benih breeder seed. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala BPSMB Provinsi Babel, Dekan FPPB- UBB, Kepala SMKN 1 Kelapa dan Kepala SMKN 1 Mendo Barat.

“Bangka Belitung memiliki potensi sumberdaya alam untuk pengembangan sorgum. Hal ini karena sorgum memiliki daya adaptabilitas yang luas pada berbagai agroekosistem termasuk halnya pada lahan – lahan marginal seperti halnya lahan bekas tambang timah,” papar Suharyanto.

Pos terkait

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *