BERITABANGKA.COM – Diselimuti suasana hangat dan persaudaraan, Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berlangsung dengan sukses di Hotel El Kota Bandung Jawa Barat, 25-26 September 2023.

Pada kongres tersebut, terpilih Hendry Ch Bangun sebagai Ketua PWI periode 2023-2028. Dalam kongres itu, Sasongko Tedjo juga terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat.

Atas suksesnya pelaksanaan Kongres XXV PWI, Ketua Umum PWI Periode 2018-2023, Atal S Depari mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan peninjau yang telah berkongres dengan suasana damai.

“Alhamdulillah kongres berlangsung lancar tanpa ada kendala yang berarti. Terima kasih kepada para peserta dan juga anggota PWI yang telah hadir di Kota Bandung untuk menyemarakan kongres,” katanya.

“Terima kasih juga kepada panitia yang telah merencanakan dan melaksanakan kongres sehingga semua bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Hal senada juga dilontarkan Ketua Panitia Kongres XXV PWI, Marten Slamet Susanto. Ia berterima kasih karena para peserta dan seluruh anggota yang hadir di pelaksanaan kongres. Menurutnya, para peserta telah menunjukan sikap bermartabat selama pelaksanaan kongres.

“Ini menunjukan bahwa PWI adalah organisasi profesi yang bermartabat dan berintelektual. Kita bisa melaksanakan kongres tanpa ada hambatan,” tutur Marten.

Sebagai Ketua Panitia, Marten juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Polda Jawa Barat, dan seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan kongres.

Sedangkan Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengaku bangga Jawa Barat bisa menjadi bagian sejarah PWI. Apalagi Kongres XXV di Kota Bandung bisa berlangsung dengan mulus.

“PWI telah memberikan contoh bagaimana proses pemilihan bisa berjalan dengan suasana damai dan penuh keakraban. Alhamdulillah itu terjadi di Kota Bandung,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Terpilih, Hendry Ch Bangun menyatakan akan semaksimal mungkin agar PWI kembali memiliki kejayaan sebagaimana terjadi di masa-masa lalu.

β€œKita akan melakukan berbagai kegiatan, khususnya pendidikan atau peningkatan kompetensi,” kata Henry.

Perlu diketahui, salah satu agenda pada kongres yaitu pemilihan Ketua Umum PWI periode 2023-2028. Terdapat tiga nama yang lolos sebagai calon setelah melalui proses penjaringan oleh pimpinan sidang yakni Atal Sembiring Depari, Hendry Ch Bangun, dan Zulmansyah Sakedang.

Pada proses pemungutan suara pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara, Hendry (39 suara) dan Zulmansyah (9 suara).

Atas hasil tersebut, pimpinan sidang memerintahkan kepada peserta kongres untuk dilakukan kembali pemilihan suara dengan mekanisme putaran kedua. Dalam pemilihan putaran kedua, Hendry memperoleh 47 suara, Atal (41 suara).

Untuk membentuk kepengurusan PWI Periode 2023-2028, terbentuk tim formatur yang terdiri dari Hendry Ch Bangun, Farianda Putra Sinik dan Zulmansyah Sakedang. (*)

 

 

RILIS PWI PUSAT