Dinkes Babar Ingatkan Masyarakat jangan Panik Terhadap Covid-19

  • Whatsapp

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat (Babar) menghimbau masyarakat agar tidak panik terkait isu Virus Covid-19 (Corona) dan tetap menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat).

Dikatakan Kepala Dinkes Babar, drg. Achmad Sarifuddin masyarakat jangan panik apalagi sampai menumpuk bahan pokok yang berlebihan.

Bacaan Lainnya

“Tidak timbul kepanikan supaya tidak timbul aksi beli bahan pokok, nah kalau itu terjadi tambah parah kita. Akhirnya terjadi lonjakan harga yang luar biasa, itu lah yang dimaksudkan tidak panik, itu maksudnya,” kata Achmad, Senin (16/3/20) siang.

Disamping itu, Plh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Arsul Sani mengatakan Covid-19 adalah kasus biasa dan masyarakat harus tenang namun tetap waspada.

“Kita harus tenang dan paham, sebenernya ini kasus biasa tetapi medsos kita luar biasa, tetapi jangan ada pembiaran, PHBS benar-benar harus kita kuatkan. Etika batuk, kebersihan tangan itu harus kita jaga,” tuturnya.

Untuk pencegahan masuknya virus Covid-19 ke Bangka Barat, Dinkes Babar siapkan seluruh surveillance di beberapa titik, salah satunya di pintu masuk Pelabuhan Tanjung Kalian.

“Kita kan ada dua pintu masuk, di Muntok ada di Pelabuhan, itu KKP kita sudah siap itu ada alat untuk deteksi suhu, nah kemarin karena Puskesmas Muntok itu yang terdekat dan memang kita juga keliling maka kita gunakan itu, jadi cukup memadai lah,” terangnya.

Selain itu, Arsul juga menghimbau masyarakat, khususnya jemaah masjid yang ingin melakukan solat agar membawa sajadah dari rumah.

“Kita sudah coba komunikasikan dalam bentuk sosialisasi, di masjid misalnya tidak menggelar karpet, bawa sendiri,” tuturnya.

Pos terkait

Slider