Ekonomi Indonesia akan Pulih Tercepat Kedua setelah RRT

  • Whatsapp

Morgan Stanley menempatkan Indonesia dalam kelompok negara-negara yang perekonomiannya bakal pulih tercepat kedua ke kondisi seperti periode pra-Covid-19.

Bersama Filipina dan India, Indonesia hanya kalah dari Tiongkok yang menjadi satu-satunya negara yang masuk dalam kelompok pertama atau paling cepat pulih.

Bacaan Lainnya

β€œGrup #2 yaitu Filipina, Indonesia, dan India. Mereka adalah negara-negara yang selanjutnya mengalami pemulihan ekonomi setelah Tiongkok, mengingat orientasi permintaan domestik dan struktural yang lebih kuat,” tulis Morgan Stanley dalam laporan hasil riset terbarunya mengenai ekonomi Asia yang berjudul Tracking Covid-19 and Real Time Indicators, baru-baru ini.

Morgan Stanley mengategorikan empat grup negara di Asia selain Jepang (AxJ) yang tercepat mengalami pemulihan ekonomi. Grup pertama adalah Tiongkok.

β€œIni adalah kategori negara yang pertama mengalami goncangan ekonomi dan yang akan pertama pulih. Diperkirakan akan kembali menuju tahap PDB pra-Covid-19 pada kuartal III-2020,” ujar bank investasi yang berbasis di New York ini.

Sedangkan berada dalam grup kedua adalah Filipina, Indonesia dan India. Apabila Covid-19 tidak memuncak di ketiga negara ini pada kuartal II-2020 seperti yang diasumsikan oleh Morgan Stanley, maka pemulihan ekonomi negara pada grup ini akan lebih cepat dari Korea Selatan dan Taiwan yang berada di grup ketiga.

Pos terkait

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *