Panitia Festival Olahraga Tradisional Gelar Technical Meeting

  • Whatsapp

BELITUNG TIMUR,BERITABANGKA.COM – Guna menyukseskan penyelenggaraan Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Provinsi Kep. Bangka Belitung (Babel), pihak penyelenggara melakukan technical meeting, Senin (09/03/20) di Ruang Rapat Dinas Kepemudaan dan Olahraga Belitung Timur.

Rencananya, pembukaan secara resmi kegiatan Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan dilaksanakan malam ini di Gedung Serba Guna Pemkab. Beltim. Pertandingan FOT akan dilaksanakan tanggal sepuluh Maret 2020 di Lapangan Sepak Bola Mini Kawasan Sport Center, Desa Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Bacaan Lainnya

Mathur Novriansyah, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Belitung Timur, mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemprov. Kep. Bangka Belitung atas penyelenggaraan FOT. Sebab, Kabupaten Belitung Timur telah dipercaya menjadi tuan rumah.

“Selamat datang dan terima kasih atas penghargaan yang setinggi-tinggi karena telah meluangkan waktu untuk mengikuti FOT. Mohon maaf jika persiapan penyelenggaraan FOT ini masih ada kekurangan,” ungkapnya saat Technical Meeting FOT, Senin (09/03/2020) di Ruang Rapat Dinas Kepemudaan dan Olahraga Belitung Timur.

Ia menambahkan, FOT selain ada kompetisinya juga terdapat unsur seni, budaya, dan olahraga. Dalam menyambut persiapan penyelenggaraan FOT telah disiapkan, seperti tempat pertandingan maupun unsur terkait antara lain, tenaga kesehatan, pendidikan, pariwisata, dan pengamanan yakni dari Polres Beltim, serta media untuk peliputan.

“FOT merupakan ajang olahraga tradisional yang bergengsi dan kami berharap FOT ini dapat dipublikasikan dimana-mana, baik di media massa maupun media sosial,” ungkapya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto, dalam hal ini diwakili oleh Panji Utama, Kabid Pembudayaan dan Prestasi Olahraga Diskepora Prov. Kep. Babel mengucapkan terima kasih atas segala persiapan penyelenggaraan FOT yang telah dilakukan Pemkab dan Diskepora Kab. Belitung Timur.

“FOT tingkat Provinsi Babel ini untuk menuju FOT tingkat nasional bulan Agustus mendatang. Insyaallah akan dilaksanakan juga di Belitung timur,” ungkapnya.

Dikatakannya, olahraga tradisional Babel telah menunjukkan prestasi yang sangat bagus. Terbukti pada tahun 2007 olahraga tradisional Babel berhasil meraih juara umum tingkat nasional, 2008 di Manado FOT tingkat nasional, Babel berhasil masuk peringkat enam besar tingkat nasional. Tak hanya itu, olahraga tradisional Babel terus memperoleh prestasi ditingkat nasional.

“Terima kasih kepada kawan-kawan, para pelaku dan penggiat yang telah melestarikan seni budaya kita,” ungkapnya.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang pembinaan. Adapun untuk juara satu akan mendapat uang senilai 14 juta rupiah, juara kedua tujuh juta rupiah, dan juara ketiga empat juta rupiah serta terdapat juara favorit.

“Nikmati apa yang ada di sini. Kita adalah satu keluarga. Mari lah berlomba dengan baik dan junjung tinggi sportivitas,” ungkapnya.

Tanwin, Ketua Harian Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi Kep. Bangka Belitung berharap, olahraga tradisional Babel mampu mendunia, hingga menuju ke tingkat internasional.

“Semoga olahraga tradisional Babel bisa go internasional, seperti olahraga gasing Babel yang telah memperoleh hak paten yaitu berkat pak Agus. Kemarin baru pulang dari Perancis. Kami berharap olahraga tradisional lain di babel bisa seperti itu,” ungkap Ketua Tanwin yang juga Mantan Ketua Komisi IV DPRD Kep. Babel.

 

Sumber: Diskepora
Penulis: Adit
Fotografer: Adit
Editor: Listya

Pos terkait

Slider