Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Efisiensi dari National Logistic Ecosytem

  • Whatsapp

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Bersama Penataan National Logistic Ecosytem (NLE) pada Kamis, (24/09) menjelaskan efisiensi dari NLE atau Ekosistem Logistik Nasional.

“NLE mencakup seluruh proses dari hulu hingga ke hilir. Kita juga akan masuk ke proses di luar negerinya. Dari mulai outbound (keluar) sampai inboundnya (masuk),” jelas Menkeu.

Bacaan Lainnya

NLE merupakan kolaborasi yang luas antara seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) terkait yang lebih dari 18 K/L, sistem perbankan, sistem lembaga transportasi pergudangan atau depo yang termasuk dalam NLE.

Hingga September 2020, NLE telah menerapkan pengajuan, pemeriksaan dan profil tunggal antara Bea Cukai dan Badan Karantina Ikan dan Pertanian.

“Ini sudah menjadi satu single pengajuan pemeriksaan dan profilingnya sudah sama. Jadi tidak perlu pergi antara (ke) Bea Cukai, Karantina Ikan dan Pertanian (tidak perlu dua kali kerja),” jelas Menkeu.

Kemudian NLE mengintegrasikan layanan perijinan Ship to Ship (STS), Floating Storage Unit (FSU), perizinan usaha dan perizinan pemasukan barang konsumsi di Kawasan Khusus Batam.

Selain itu, penebusan delivery order (DO) dan Persetujuan Pengeluaran Petikemas (SP2) sudah dilakukan secara online, sehingga tidak perlu dokumen fisik.

Pos terkait

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *